Profil Ridwan Kamil, Gubernur Humoris yang Awali Karir sebagai Arsitek

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 01:32 WIB
Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat

LABVIRAL.COM - Siapa yang tak kenal sosok Mochamad Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini adalah seorang Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil terpilih dan memimpin provinsi Jawa Barat sejak 2018. Sebelumnya, ia adalah seorang Wali Kota Bandung.

Pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 ini sebelum terjun ke dunia politik adalah seorang arsitek. Profesinya sebagai arsitek ini sudah ia mulai sejak lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1995. Kemudian, demi melanjutkan profesi di bidang arsitek, ia pun menempuh studi S2 di Universitas California, Berkeley.

Ridwan Kamil juga mendirikan perusahaan. Salah satunya adalah Urbane. Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain. Sedangkan karir politik dimulai ketika dicalonkan sebagai Wali Kota Bandung pada 2013. Pada tahun yang sama, ia terpilih menjadi Wali Kota Bandung.

Baca Juga: Profil dan Fakta Menarik Sandiaga Salahudin Uno, Pernah jadi Pengangguran dan Mampu Bangkit dari Krisis

Sebagai wali kota, ia mendapatkan perhatian dan ulasan yang baik dari warga. Masyarakat Bandung secara khusus dan Jawa Barat pada umumnya menyukai caranya memimpin dan mengembangkan kota Bandung. Melihat kinerja nyatanya, ia pun terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat.

Luwes dan humoris

Dilihat dari karirnya tentunya ia adalah orang yang serius. Namun, Ridwan Kamil ternyata juga bisa menunjukkan sisi humoris dan luwes kepada siapa pun. 

Sisi luwesnya dapat dilihat pada suatu momen yang diunggah di akun Instagramnya, @ridwankamil, tertanggal 27 April 2022. Ridwan Kamil mengunggah di feed Instagramnya sebuah foto sosok yang tampak lebih muda. Dalam foto tersebut Ridwan Kamil memberi keterangan "Potret Gubernur Jabar Melaksanakan Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah 2022".

Baca Juga: Asal Usul IKN, Jokowi Ambil Peranan Penting

Foto tersebut memang bukanlah dirinya. Sebab, wajah yang ia pasang dengan menggunakan foto pakaian dinas itu hanyalah sosok yang tampak mirip dengan dirinya. Di slide kedua barulah sosok dirinya yang sesungguhnya ditampilkan. "Kata banyak pihak, makin kesini makin terlihat muda. Efek banyak berwudhu dan vitamin D," tulisnya pada caption di postingan tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini