Profil Partai Perindo, Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 16, Awalnya Sebuah Ormas

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 02:16 WIB
Pendiri Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo

Pendiri Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo

LABVIRAL.COM -  Partai Persatuan Indonesia (Perindo) lolos sebagai partai politik peserta Pemilu 2024 dan mendapatkan nomor urut 16. Berbicara tentang Perindo tidak lepas dari nama pengusaha Hary Tanoesoedibjo. Hary dikenal sebagai pemilik MNC Grup yang menguasai televisi swasta di Indonesia. Dia pernah menyalonkan diri sebagai calon wakil presdien bersama Wiranto pada Pemilu 2014, namun gagal.

Hary mulai masuk ke dunia politik pada 2011 melalui Partai NasDem. Dia sempat menduduki posisi sebagai Ketua Dewan Pakar dan Wakil Ketua Majelis Nasional. Hary mundur dari Partai NasDem pada 21 Januari 2013. Dia keluar karena adanya perbedaan pendapat dan pandangan mengenai struktur kepengurusan partai.

Pada Februari 2013, Hary memutuskan bergabung dengan Partai Hanura. Dia sempat mengisi posisi sebagai Ketua Dewan Pertimbangan, Ketua Bapilu dan Calon Wakil Presiden dari Hanura berpasangan dengan Wiranto.

Baca Juga: Profil PSI! Dari Obrolan 5 Anak Muda, Kini Jadi Peserta Pemilu 2024 Nomor Urut 15

Sejarah Perindo

Perindo awalnya merupakan organisasi masyarakat (ormas) yang dideklarasikan pada 24 Februari 2013. Hary baru mendeklarasikan Partai Perindo pada 7 Februari 2015 atau setahun setalah dirinya gagal sebagai cawapres 2014 bersama Hanura. Deklarasi dihadiri Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, Anis Matta, Djan Faridz, Wiranto, dan lainnya.

Saat deklarasi, Hary mengatakan Partai Perindo memiliki basis perjuangan mewujudkan Indonesia sejahtera lahir dan batin. "Perindo bertekat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan bangsa." 

Nama Perindo merupakan singkatan dari Persatuan Indonesia yang menganut partai modern dengan memadukan partai massa dan partai kader yang menjunjung tinggi pengelolaan partai secara profesional.

Baca Juga: Profil Prabowo Subianto: Kehidupan Pribadi, Karir, dan Hobi

Pada Pemilu 2019, Partai Perindo tidak lolos ke parlemen. Dia hanya meraih suara 3,74 juta atau setara 2,67 persen dari total perolehan suara secara nasional.

Visi dan Misi Perindo

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini