Profil PKS, Betah Pakai Nomor Urut 8 di Pemilu 2024, Terbentuk dari Gerakan Dakwah

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 02:08 WIB
Presiden PKS, Ahmad Syaikhu bersama kader di KPU Pusat.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu bersama kader di KPU Pusat.

LABVIRAL.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi salah satu partai yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024. PKS menggunakan nomor urut 8 dalam Pemilu 2024 sebagaimana pada Pemilu 2019.

PKS adalah partai Islam. Namun, Islam yang dipahami PKS adalah Islam yang terbuka. Dengan demikian, PKS tidak menutup diri pada masyarakat lain yang non-Islam untuk bergabung. 

PKS dibentuk pada 20 April 2022 yang bermula dari sebuah gerakan dakwah di kampus-kampus. Gerakan ini dimulai dengan berdirinya Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) sejak 1967 yang dipelopori Muhammad Natsir.

Baca Juga: Fakta Menarik Ganjar Pranowo: Suka Musik Rock dan Rajin Ikuti Tren Anak Muda

Sejarah PKS

Pada era Orde Baru tahun 1985, banyak tokoh Islam yang tidak setuju dengan asas Pancasila yang harus diterapkan pada seluruh organisasi massa kala itu. Di saat itulah mencul Jamaah Tarbiyah yang telah merambah ke kampus-kampus. 

Selanjutnya ,didirikanlah Lembaga Dakwah Kampus yang dibentuk olah para anggota dari Jamaah Tarbitah. Organisasi inilah kemudian membentuk unit-unit kegiatan mahasiswa. 

Pada 1986 terbentuklah Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) seiring dengan anggapan bahwa Lembaga Dakwah Kampus terkait dengan kelompok Islam radikal seperti Darul Islam.

Baca Juga: Profil Partai Demokrat, Peserta Pemilu Nomor Urut 14, Pernah di Atas Angin

Saat mengadakan pertemuan FSLDK yang diselenggarakan di Malang pada 1998, tercetuslah sebuah deklarasi yang kemudian disebut sebagai deklarasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini