Tak Lepas dari Sosok Wiranto, Ini Profil Partai Hanura, Peserta Pemilu 2024 Nomor 10

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 01:45 WIB
Nomor urut Partai Hanura di Pemilu 2024

Nomor urut Partai Hanura di Pemilu 2024

LABVIRAL.COM - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendapat nomor urut 10 pada Pemilu di 2024.

Partai Hanura pernah lolos parlemen pada Pemilu 2009 dan 2014. Pada Pemilu 2019, partai yang kini dipimpin Oesman Sapta Odang (OSO) hanya mengantongi 2.161.507 suara atau 1,54 persen sehingga tak lolos ambang batas parlemen dan tersingkir dari Senayan.

Meski tak mendapat kursi di Senayan, Hanura masih percaya diri di Pemilu 2024.

Baca Juga: Perbedaan Hukum Perdata dengan Hukum Pidana, Ayo Baca Biar Tidak Bingung!

Partai Hanura berideologi Pancasila dan UUD 1945 yang menitikberatkan persatuan, kedaulatan dan kesejahteraan masyarakat.

Partai Hanura identik dengan lambang berbentuk empat persegi panjang dengan warna putih-merah-putih mendatar, pada bagian merah bertuliskan "HANURA" warna putih dengan ujung meruncing berbentuk anak panah melesat maju menembus warna coklat tanah dan pada bagian putih bawah tertulis "PARTAI HATI NURANI RAKYAT" warna hitam.

Baca Juga: Profil Partai Garuda Nomor Urut 11 di Pemilu 2024, Dipimpin Adik Riza Patria

Sejarah terbentuknya Partai Hanura

Sosok Jenderal TNI (Purn) Wiranto tidak dapat dilepaskan dari sejarah berdirinya Partai Hanura. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan sekaligus sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada masa Orde Baru.

Setelah purnatugas dari dinas kemiliteran, Wiranto mulai terjun ke dunia politik dengan mendirikan Partai Hanura bersama para tokoh nasional.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini