Profil Partai Garuda Nomor Urut 11 di Pemilu 2024, Dipimpin Adik Riza Patria

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 01:39 WIB
Pengurus Partai Garuda

Pengurus Partai Garuda

LABVIRAL.COM - Partai Garuda lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Partai pimpinan Ahmad Ridha Sabana itu mendapatkan nomor urut 11. Nomor urut ini didapatkan berdasarkan pengundian yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (14/12/2022) lalu.

Partai Garuda punya target untuk lolos ke Parlemen lewat Pemilu 2024, melampaui ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sampai 6 persen. Partai Garuda atau Partai Gerakan Perubahan Indonesia berdiri pada 16 April 2015. Awalnya, partai ini sempat menumpang dan memakai legalitas milik Partai Kerakyatan Nasional (PKN) yang didirikan Menteri Penerangan zaman Orde Baru, Harmoko, pada 30 November 2007.

Namun, PKN yang diusung mantan Ketua Umum Golkar itu tidak lolos verifikasi syarat administrasi yang dilakukan KPU. 

Baca Juga: Profil Agus Harimurti Yudhoyono: Penerus Trah SBY dengan Sederet Gelar Akademik dari Kampus Bergengsi

7 tahun kemudian atau tepatnya tanggal 3 April 2015, PKN tetiba saja menggelar kongres perdana di Hotel Gren Alia, Cikini, Jakarta. S

Salah satu keputusan dalam kongres itu mengubah nama partai menjadi Partai Gerakan Perubahan Indonesia, disingkat Partai Garuda

Dengan cara tersebut Partai Garuda tidak butuh verifikasi dari Kemenkumham, cukup memberi laporan perubahan. Namun, Harmoko absen dalam kongres tersebut dengan alasan sudah tidak ingin berpolitik. 

Anggaran dasar dan anggaran rumah t

Baca Juga: Profil Erick Thohir, Kesuksesan Bisnis sampai Aktif di Dunia Politik

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini