Profil Agus Harimurti Yudhoyono: Penerus Trah SBY dengan Sederet Gelar Akademik dari Kampus Bergengsi

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 01:37 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono

LABVIRAL.COM - Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY merupakan putra sulung Susilo bambang Yudhoyono. Dia kini menjadi penerus SBY menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025.

Sama seperti sang ayah, AHY memulai karier di dunia militer sebelum akhirnya terjun ke politik. AHY mengawali dengan mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta di tahun 2017. Untuk lebih lengkapnya, berikut fakta-fakta AHY yang belum banyak diketahui orang:

1. Perjalanan karier

Pria kelahiran 1978 ini merupakan lulusan terbaik di Akademi Militer tahun 2000 dan berhasil menerima penghargaan Bintang Adi Makayasa. Setelah lulus, dia langsung ditugaskan di Kostrad. Pada tahun 2022, AHY menjadi komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 304/Tengkorak yang bertugas di daerah Aceh hingga 2006.

Baca Juga: Profil Erick Thohir, Kesuksesan Bisnis sampai Aktif di Dunia Politik

Selesai tugas di Aceh pada November 2006, ayah satu anak ini langsung mendapat tugas ke Lebanon dan Israel selama 34 hari sebagai perwira seksi operasi kontingen Garud XXIII-A.

Sekembalinya dari Lebanon, suami Annisa Pohan ini mengemban tugas Komandan Kompi di Yonif Linud 305/Tengkorak padad 2007 hingga 2015.Pada tahun 2015, AHY memutuskan untuk melanjutkan studinya di US Army Command General Staff College, Fort Leavenworth, Kansas dan berhasil meraih gelar summa cumlaude. 

Setelah itu, Agus langsung mengemban tugas sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 2013 Arya Kamuning, yaitu pasukan elit yang menjaga Ibukota Negara. Ia pun sukses memimpin latihan gabungan pasukan militer Indonesia dan Australia di Darwin.

Baca Juga: Profil Ridwan Kamil, Gubernur Humoris yang Awali Karir sebagai Arsitek

Namun tahun 2017, saat karier militernya tengah menanjak, kakak Ibas ini malah mengundurkan diri dan langsung terjun ke dunia politik. Tak tanggung-tanggung ia mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 bersama Sylviana Murni namun kalah dari Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

2. Memiliki tiga gelar master dari kampus luar negeri

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini