Profil Partai Demokrat, Peserta Pemilu Nomor Urut 14, Pernah di Atas Angin

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 01:54 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

LABVIRAL.COM - Partai Demokrat dideklarasikan pada 17 Oktober 2002, dan kini Partai Demokrat menjadi salah satu partai peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 14.

Partai Demokrat di atas angin pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sayangnya, partai yang identik dengan warna biru ini, secara elektoral cenderung melemah setelah SBY turun.

Pada Pemilu 2019, partai yang kini dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu mendapat 10.786.507 suara atau 7,77 persen dengan perolehan 54 kursi DPR RI.

Baca Juga: Berisi Loyalis Anas, Ini Profil PKN, Partai Peserta Pemilu 2024 Nomor 9

Sejarah Partai Demokrat

Partai Demokrat berdiri pada 9 September 2001. Berdirinya partai ini berbarengan dengan hari ulang tahun SBY yang ke-52 tahun, kala itu. Partai Demokrat didirikan atas inisiatif SBY yang terilham oleh kekalahan pada pemilihan calon wakil presiden dalam Sidang MPR pada 2001.

Dari perolehan suara dalam pemilihan Cawapres dan hasil pooling publik yang menunjukkan popularitas SBY moncer, beberapa orang terpanggil nuraninya untuk menjadikan SBY sebagai pemimpin bangsa.

Hasilnya adalah, beberapa orang, diantaranya Vence Rumangkang, menyatakan dukungannya untuk mengusung SBY ke kursi Presiden. Dia juga mengusulkan membuat kendaraan politik agar SBY menjadi presiden.

Baca Juga: Profil PBB: Partai Peserta Pemilu Nomor 13 yang Sudah 5 Kali Tampil

Akhirnya, perumusan konsep dasar dan platform partai sebagaimana yang diinginkan SBY dilakukan oleh Tim Krisna Bambu Apus dan selanjutnya teknis administrasi dirampungkan oleh tim yang dipimpin Vence Rumangkang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini