5 Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar, Benarkah Udara Jadi Lebih Dingin?

Hadi Mulyono
Rabu 12 April 2023, 18:56 WIB
Ilustrasi malam lailatul qadar. (Sumber : unsplash.com/Mufid Majnun)

Ilustrasi malam lailatul qadar. (Sumber : unsplash.com/Mufid Majnun)

LABVIRAL.COM - Malam Lailatul Qadar menjadi waktu yang sangat dinanti-nanti oleh setiap muslim karena siapa saja yang mengerjakan amal ibadah akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Allah Swt menerangkan bahwa waktu tersebut merupakan malam yang penuh kemuliaan. Dalam Surah Al Qadr disebutkan bahwa barang siapa mengerjakan amal ibadah pada malam tersebut maka pahalanya setara dengan ibadah selama 1000 bulan.

Jika dikalkulasi, kurang lebih 1000 bulan nilainya sama dengan 83-84 tahun. Meski pahalanya sangat menggiurkan, sayangnya tidak ada satu pun orang yang mengetahui kapan datangnya malam Lailatul Qadar.

Baca Juga: Remehkan Puasa Ramadan, Justin Bieber dan Hailey Baldwin Tuai Hujatan

Akan tetapi dalam berbagai riwayat dibocorkan apa saja ciri-ciri malam Lailatul Qadar yang bisa dimanfaatkan setiap muslim untuk memperbanyak amal ibadah. So, simak sampai habis artikel ini yuk!

1. Cuaca pagi harinya cerah

Dari Ubay, Rasulullah saw bersabda, "Pagi hari (dari) malam Lailatul Qadar matahari akan terbit tidak menyilaukan seperti bejana hingga meninggi." (HR. Muslim).

Baca Juga: Niat Puasa Ramadan Pakai Bahasa Jawa, Bisa Dibaca saat Makan Sahur

2. Terjadi pada malam ganjil

Bukan rahasia umum lagi bahwa malam penuh kemuliaan ini akan terjadi pada malam ganjil di bulan Ramadan. Mayoritas ulama meyakini bahwa malam Lailatul Qadar akan jatuh di salah satu tanggal ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Dari keterangan tersebut, kemungkinan besar malam itu akan terjadi antara tanggal 21, 23, 25, 27 atau 29. Maka dari itu pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan setiap muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini