3 Amalan Utama saat Malam Lailatul Qadar Sesuai Sunnah

Hadi Mulyono
Kamis 13 April 2023, 13:36 WIB
Ilustrasi malam lailatul qadar. (Sumber : pixabay.com/chiplanay)

Ilustrasi malam lailatul qadar. (Sumber : pixabay.com/chiplanay)

LABVIRAL.COM - Memperbanyak amal ibadah saat malam Lailatul Qadar bisa membuka peluang untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Sayangnya di dunia ini tidak ada yang tahu kapan datangnya malam penuh kemuliaan tersebut sehingga kita hanya bisa memperkirakannya.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar akan jatuh pada tanggal ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadan. Dengan begitu, malam tersebut bisa terjadi pada tanggal 21, 23, 25, 27 atau mungkin 29 Ramadan.

Baca Juga: Dzikir Pagi Sesuai Sunnah, Amalkan Setelah Salat Subuh Selama Ramadan Yuk!

Dari Sayidina Aisyah ra ia berkata bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, "Carilah Lailatul Qadar pada malam bernomor ganjil pada sepuluh malam terakhir Ramadan." (HR. Bukhari).

Keutamaan malam tersebut tidak usah diragukan lagi karena barang siapa yang mengerjakan ibadah maka pahalanya setara dengan melakukan ibadah selama 1000 bulan (84 tahun).

Dari Aisyah radhiallhuanha ia berkata, "Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah.” (HR. Bukhari).

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Mudah untuk Diamalkan

Pertanyaannya, amal ibadah apa saja yang sangat dianjurkan untuk mengisi malam Lailatul Qadar? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Iktikaf

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini