5 Keutamaan Silaturahmi Idul Fitri, Memperlancar Rezeki hingga Memperpanjang Umur

Hadi Mulyono
Kamis 20 April 2023, 16:37 WIB
Keutamaan silaturahmi. (Sumber : pexels.com/Natasya Alias)

Keutamaan silaturahmi. (Sumber : pexels.com/Natasya Alias)

LABVIRAL.COM - Ketika hari raya Idul Fitri tiba, umat muslim akan berbondong-bondong silaturahmi mengunjungi sanak saudara untuk saling bermaafan.

Meski kedengarannya sepele, tetapi silaturahmi mempunyai pahala yang teramat besar karena diperintahkan oleh Nabi Muhammad saw.

Rasulullah bersabda, "Beribadahlah pada Allah Swt dengan sempurna, jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orangtua dan saudara." (HR. Bukhari).

Baca Juga: Niat Mandi Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Tata Caranya Sesuai Sunnah

Berkaitan dengan hal itu, berikut Labviral.com jelaskan apa saja keutamaan silaturahmi yang wajib selalu dijaga. Simak sampai akhir ya!

1. Memperlancar rezeki

“Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaknya ia menyambung silaturahmi (dengan kerabat).” (HR. Bukhari dan Al-Baihaqi).

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur saat Idul Fitri 2023, Singkat dan Mudah Diamalkan

2. Mendapat banyak kebaikan

Dari Aisyah ra ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Kekerabatan itu berada di arsy, ia berkata, 'Siapa yang menyambungku niscaya Allah akan menyambungkan kepadanya (kebaikan), dan siapa yang memutusku, maka Allah akan memutus darinya (kebaikan).'" (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Hukum Puasa saat Idul Fitri Hari Pertama Menurut Hadis

3. Membuat ibadah diterima

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini