4 Hikmah Tradisi Halal Bihalal, Diampuninya Dosa hingga Melancarkan Rezeki

Hadi Mulyono
Rabu 26 April 2023, 21:08 WIB
Ilustrasi halal bihalal Idul Fitri 1444 H (Sumber : Freepik)

Ilustrasi halal bihalal Idul Fitri 1444 H (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Meski dilakukan setahun sekali, tetapi ada begitu banyak hikmah halal bihalal yang telah menjadi tradisi setiap hari raya Idul Fitri.

Berbagai tempat seperti sekolah, kantor, instansi pemerintahan dan lain sebagainya biasa menyelenggarakan acara halal bihalal untuk saling meminta maaf.

Lantas apa saja sih manfaat tradisi yang konon hanya ada di Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia tersebut? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Lantang Banget Ucapkan Selamat Idul Fitri

1. Mendapat ampunan dari Allah

Esensi halal bihalal salah satunya adalah silaturahmi, berjabat tangan dan saling memaafkan yang ternyata bisa membuat seseorang mendapat ampunan dari Allah.

"Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah." (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi).

Sebagaimana kita tahu bahwa dosa kepada Allah Swt bisa diampuni dengan memperbanyak istighfar, amal ibadah hingga sholat taubat.

Namun dosa kepada sesama manusia harus ditebus dengan saling memaafkan secara tulus dan ikhlas.

Baca Juga: Ibunya Lebih Pilih Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP, Puan Maharani Beri Pesan Menyentuh Saat Datangi Rumah Megawati di Hari Idul Fitri

2. Meningkatkan ketakwaan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini