4 Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid Lengkap dengan Dalilnya

Hadi Mulyono
Senin 01 Mei 2023, 08:24 WIB
Ilustrasi shalat tahiyatul masjid. (Sumber : unsplash.com/Imad Alassiry)

Ilustrasi shalat tahiyatul masjid. (Sumber : unsplash.com/Imad Alassiry)

LABVIRAL.COM - Mengerjakan shalat tahiyatul masjid menjadi suatu amalan yang sayang apabila dilewatkan begitu saja.

Sebab shalat yang ditunaikan setiap kali kita memasuki masjid tersebut merupakan salah satu bentuk memuliakan rumah Allah.

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَٰجِدَ ٱللَّهِ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا ٱللَّهَ ۖ فَعَسَىٰٓ أُو۟لَٰٓئِكَ أَن يَكُونُوا۟ مِنَ ٱلْمُهْتَدِينَ

Innamā ya'muru masājidallāhi man āmana billāhi wal-yaumil-ākhiri wa aqāmaṣ-ṣalāta wa ātaz-zakāta wa lam yakhsya illallāh, fa 'asā ulā`ika ay yakụnụ minal-muhtadīn

Artinya: "Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian (kiamat), serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. At-Taubah ayat 18).

Baca Juga: Momen Kucing Lompat dan Ganggu Imam Shalat Tarawih, Respons yang Dilakukan Tuai Pujian

Perintah disunnahkannya shalat yang satu ini berdasarkan hadis Rasulullah saw, "Apabila salah seorang di antara kamu masuk masjid, maka janganlah ia duduk sehingga ia melaksanakan sha­lat dua rakaat." (HR. Ahmad dari Abu Hurairah).

Tentunya sebagai amal ibadah yang dicontohkan Nabi Muhammad saw, shalat tahiyatul masjid mempunyai berbagai keutamaan di antaranya sebagai berikut:

1. Derajat akan ditinggikan

Dalam sebuah hadis dikatakan, "Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Niat Sholat Tahiyatul Masjid, Arab, Latin, Terjemahan dan Tata Caranya

2. Memperlancar rezeki

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini