Peneliti SMRC: Sandiaga Uno Paket Lengkap Jadi Cawapres, Pernah Gelontorkan Rp1 Triliun untuk Kampanye Pilpres

Zahwa Elia Azzahra
Senin 01 Mei 2023, 21:19 WIB
Sandiaga Uno pantas dijadikan cawapres di Pilpres 2024

Sandiaga Uno pantas dijadikan cawapres di Pilpres 2024

LABVIRAL.COM - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebut ada tiga pertimbangan yang kemungkinan ditentukan petinggi partai politik dalam memilih calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Saidiman Ahmad mengatakan, aspek pertama adalah elektabilitas. Posisi cawapres diharap bisa mendokrak elektabilitas calon presidennya.

"Cawapres yang punya elektabilitas yang baik itu pasti akan dipertimbangkan untuk menjadi cawapres," kata Saidiman Ahmad sebagaimana dikutip Labviral.com dari video yang tayang di channel YouTube Nalar TV, Senin (1/5/2023).

Baca Juga: Gibran Posting Foto Ganjar Bersama Sandiaga Uno: Cocok Gak Nih?

Saidiman melanjutkan, aspek elektabilitas berjalan lurus dengan sisi sosiologis. Kata dia, sisi sosiologis akan mendukung elektabilitas.

"Jadi kalau ada tokoh yang punya elektabilitas tinggi, tetapi basis wilayahnya itu sama dengan capresnya itu mungkin daya tawarnya lebih lemah," kata Saidiman.

Masih kata Saidiman, cawapres dari wilayah berbeda atau basis sosiologis dari capresnya diyakini akan mendongkrak suara.

Baca Juga: Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo Sepakat Berkolaborasi, Tentang Apa?

"Misalnya katakanlah Ganjar Pranowo sekarang dia adalah seorang nasionalis, basisnya di Jawa, basisnya pada Islam tradisional misalnya, maka dia butuh cawapres yang kira-kira bisa menutupi kekurangan di basis yang lain" imbuhnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini