4 Perbedaan Haji dan Umroh, Mirip tapi Enggak Sama

Hadi Mulyono
Rabu 10 Mei 2023, 08:20 WIB
Perbedaan haji dan umroh. (Sumber : pexels.com/Mustafa Fathy)

Perbedaan haji dan umroh. (Sumber : pexels.com/Mustafa Fathy)

LABVIRAL.COM - Bagi umat muslim, penting untuk diketahui apa saja perbedaan haji dan umroh yang sama-sama dikerjakan di Tanah Suci, Makkah.

Meski keduanya mirip, tetapi ada bedanya lho. Nah, daripada penasaran langsung saja kamu scroll sampai abis artikel di bawah ini ya!

Pengertian haji dan umroh

Secara bahasa, haji artinya menyengaja atau menuju. Sedangkan menurut istilah, haji adalah sengaja melakukan perjalanan ke Tanah Suci (Makkah) untuk beribadah, menjalankan tawaf, sa’i, wukuf di Arafah dan ketentuan ibadah haji lainnya dengan tertib.

Baca Juga: 6 Rukun Haji yang Harus Diketahui Setiap Calon Jemaah

Adapun umroh secara bahasa artinya berkunjung. Kemudian menurut istilah, umroh adalah berkunjung ke Baitullah atau (Masjidil Haram) dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt sesuai syarat dan ketentuannya.

Allah Swt berfirman yang artinya, "Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh kalian karena Allah." (QS. Al-Baqarah ayat 196).

Setelah mengetahui bagaimana pengertian dua ibadah tersebut, berikut Labviral.com jelaskan apa saja perbedaan haji dan umroh yang perlu diketahui setiap muslim.

Baca Juga: Profil dan Biodata Raja Haji Ahmad, Tempat Lahir hingga Mahakaryanya

1. Hukum haji dan umroh

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu dan termasuk dalam salah satu rukun Islam.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini