10 Hadits Menuntut Ilmu yang Harus Kamu Tahu, Wajib Bagi Setiap Muslim

Hadi Mulyono
Rabu 10 Mei 2023, 16:35 WIB
Hadits menuntut ilmu. (Sumber : unsplash.com/Sam Sul)

Hadits menuntut ilmu. (Sumber : unsplash.com/Sam Sul)

LABVIRAL.COM - Begitu banyak hadits menuntut ilmu yang diriwayatkan oleh para perawi dan bisa dijadikan pedoman bagi setiap muslim.

Seperti kita ketahui, menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, dari lahir hingga akhir hayat.

Nah, di bawah ini Labviral.com telah mengumpulkan sejumlah hadits menuntut ilmu yang bisa dijadikan sebagai motivasi buat kamu.

Baca Juga: 3 Macam Hakim Menurut Hadis, Cuma Satu yang akan Masuk Surga

1. Hukum menuntut ilmu

Dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Nabi saw bersabda, "Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim." (HR. Ibnu Majah).

2. Warisan para nabi

"Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar atau pun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup." (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Baca Juga: 3 Macam Hakim Berdasarkan Hadis Nabi, Hanya Satu yang Masuk Surga

3. Ilmu memberi pahala

Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang mengajak kepada petunjuk, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun." (HR. Muslim).

4. Ilmu lebih baik daripada amal

Nabi saw bersabda, "Sungguh kalian sekarang benar-benar berada di sebuah zaman yang banyak orang-orang faqihnya, sedikit para penceramahnya, banyak para pemberi, dan sedikit para peminta-minta. Amal di masa ini lebih baik daripada ilmu. Akan datang suatu zaman nanti di mana sedikit orang-orang faqihnya, banyak para penceramahnya, sedikit para pemberi, dan banyak para peminta-minta. Ilmu di masa itu lebih baik daripada amal." (HR. Ath-Thabrani).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini