Jangan Sampai Lupa, Ini 3 Hadits tentang Niat untuk Setiap Amal

Hadi Mulyono
Rabu 10 Mei 2023, 16:57 WIB
Hadits tentang niat. (Sumber : unsplash.com/Bimbingan Islam)

Hadits tentang niat. (Sumber : unsplash.com/Bimbingan Islam)

LABVIRAL.COM - Tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa hadits tentang niat untuk setiap amal ibadah yang dikerjakan?

Dalam setiap ibadah seperti salat, zakat, puasa dan lain sebagainya pasti kita diharuskan untuk membaca niat terlebih dahulu.

Pertanyaannya, atas dasar apa setiap amal ibadah yang dikerjakan harus menyertakan niat? Simak hadits-hadits di bawah ini ya!

Baca Juga: 3 Macam Hakim Menurut Hadis, Cuma Satu yang akan Masuk Surga

1. Setiap amal tergantung niat

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, 'Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Niat wajib karena Allah ta'ala

Dari Anas bin Malik ra ia berkata, "Barang siapa menuntut ilmu hanya ingin digelari ulama, untuk berdebat dengan orang bodoh, supaya dipandang manusia, Allah akan memasukkannya dalam neraka." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Baca Juga: 3 Macam Hakim Berdasarkan Hadis Nabi, Hanya Satu yang Masuk Surga

Hadits tentang niat di atas mengandung makna tersirat bahwa ketika seseorang mengerjakan sesuatu maka tidak boleh demi memenuhi egonya sendiri.

Segala sesuatu misalnya seperti mencari ilmu harus lillahi ta'ala (karena Allah ta'ala) karena semua yang ada di dunia ini adalah milik-Nya.

3. Niat harus ikhlas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini