Kronologi Guru Muda ASN Pangandaran Lapor Pungli Malah Diancam Dipecat

Sunardi
Kamis 11 Mei 2023, 10:20 WIB
Sosok Husein Ali Rafsanjani seorang guru ASN di Pangandaran, Jawa Barat yang mengundurkan diri akibat intimidasi. (Sumber : TikTok/husein_ar)

Sosok Husein Ali Rafsanjani seorang guru ASN di Pangandaran, Jawa Barat yang mengundurkan diri akibat intimidasi. (Sumber : TikTok/husein_ar)

LABVIRAL.COM - Akhir-akhir ini jagat media sosial Indonesia sedang dihebohkan dengan video viral seorang guru muda ASN yang lapor pungli malah dapat ancaman pecat. Diketahui, bahwa sosok tersebut adalah Husein Ali Rafsanjani (27) yang menjadi guru ASN di Pangandaran, Jawa Barat.

Hesein mengaku telah kena pungli saat megikuti Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar) pada Oktober 2021 silam. Waktu itu, Husein yang lolos dari seleksi CPNS 2019 harus mengikuti Latsar selama dua minggu dan berlansung pada Oktober 2021.

Namun, pada saat mengikuti Latsar tersebut, ia justri diberi kabar untuk membayar Rp270.000 untuk transportasi.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Husein saya minta maaf kalau emang jadi perhatian banyak orang. Cuman saya ingin menjelaskan detailnya kenapa saya berani speak up, kenapa saya berani mengundurkan diri,” kata Husein yang mengunggah video di akun TikToknya @husein_ar, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Kota di Jepang Gunakan ChatGPT untuk Bantu Pekerjaan PNS

Baca Juga: 6 Ide Bisnis yang Bisa Jadi Mesin Uang Bagi Pensiunan PNS

Menurut penuturan Husein, awalnya biaya untuk Latsar itu sudah ditanggung negara. Namun, tiba-tiba seminggu sebelum acara, ia di-chat untuk diharuskan membayar uang transport sebesar Rp270.000 oleh panitia.

Selain disuruh bayar uang tersebut, pada saat Latsar berlangsung, ia tiba-tiba dimintain uang lagi oleh panitia.

“Terus waktu lagi Latsar tiba-tiba ditagih lagi uang sebesar Rp 350.000, ya walaupun under sejuta. Bagi beberapa orang mungkin tidak seberapa, tapi bagi kita nih agak berpengaruh gitu. Apalagi waktu itu tuh kita gaji selama tiga bulan belum dibayar, benar-benar belum dibayar lagi. Dirapel katanya, cuma itu kan jadi berat banget,” lanjut Husein.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini