Apa Itu Bullying? Setiap Tanggal 4 Mei Selalu Diperingati Buat Para Korbannya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 11 Mei 2023, 15:00 WIB
Bullying (Sumber : Freepik)

Bullying (Sumber : Freepik)

LABVIRAL.COM - Apa itu bullying? Pertanyaan ini banyak dicetuskan warga Indonesia di mesin pencarian Google.

Bullying adalah suatu sikap penindasan atau kekerasan yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang yang berkuasa dengan sengaja kepada satu orang atau lebih. Bullying juga biasa disebut sebagai perundungan.

Tindakan bullying ini bertujuan untuk menyakiti seseorang yang berdampak panjang pada kehidupan orang tersebut. Bentuk bullying meliputi bullying fisik, verbal dan tidak langsung.

Baca Juga: Apa Itu Toleransi? Yuk Kenali Perbedaannya dengan Intoleransi

Bullying verbal seperti menyindir, mengolok-olok, menghina serta mengancam orang tersebut. Sementara, bullying fisik yaitu memukul, menendang, menggigit ataupun mendorong hingga orang tersebut terluka.

Maka, salah satu upaya untuk menghentikan tindakan bullying tersebut perlu dilakukannya kampanye yang perlu digaungkan oleh seluruh lapisan masyarakat ataupun melalui media sosial dengan tegas.

Upaya tersebut dilakukan para pelaku tindakan bullying ini mendapatkan hukuman dan sanksi yang tepat agar tidak terjadi lagi bullying di masa depan.

Baca Juga: Apa Itu Onani? Begini Hukumnya dalam Islam

Peringatan Hati Anti Bullying

Setiap tanggal 4 Mei diperingati Hari Anti Bullying. Hari Anti Bullying ini pertama kali dicetuskan oleh David Shepherd dan Travis Price di Nova Scotia, Kanada.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini