Mengaca kepada Permasalahan Bank BSI, Legislator: 'Tingkatkan Kewaspadaan dan Antisipasi Serangan Terhadap Perbankan Biar Gak Dibobol'

Andi Syafriadi
Selasa 16 Mei 2023, 12:37 WIB
Mengaca kepada Permasalahan Bank BSI, Legislator: 'Tingkatkan Kewaspadaan dan Antisipasi Serangan Terhadap Perbankan Biar Gak Dibobol' (Sumber : DOK. DPR RI)

Mengaca kepada Permasalahan Bank BSI, Legislator: 'Tingkatkan Kewaspadaan dan Antisipasi Serangan Terhadap Perbankan Biar Gak Dibobol' (Sumber : DOK. DPR RI)

LABVIRAL.COM- Dunia perbankan tanah air sedang dihebohkan dengan dugaan serangan ransomware yang terjadi pada sistem Bank Syariah Indonesia (BSI).

Diketahui, sistem perbankan hasil dari merger empat bank syariah itu mengalami kelumpuhan sejak Senin (8/5/2023) dan bahkan belum sepenuhnya pulih hingga akhir pekan ini.

Serangan siber terhadap lembaga perbankan oleh para peretas tidak hanya terjadi pada Bank Syariah Indonesia (BSI) tetapi juga pada lembaga perbankan lainnya.

Baca Juga: Siapa Ransomware LockBit 3.0 yang Disebut Bobol Data Nasabah BSI?

Kejahatan ini telah merugikan lembaga perbankan dan nasabah ratusan miliar setiap tahunnya. Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati meminta Pemerintah dan Regulator secara serius melihat masalah ini, sehingga kejadian yang sama tidak akan berulang pada lembaga perbankan di tanah air.

“Pemerintah dan OJK perlu memperkuat sistem cyber security dan cyber protection yang sudah ada selama ini untuk mengantisipasi potensi risiko serangan siber di tengah tren digitalisasi jasa keuangan yang perkembangannya semakin cepat”, jelas Anis melalui lansiran laman resmi DPR RI.

Terkait dengan serangan terhadap BSI, Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) ini menuturkan agar masyarakat memberikan kepercayaan penuh kepada BSI untuk dapat segera menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapinya.

Baca Juga: Deretan Meme Kocak BSI Ini Bikin Para Nasabah Senyum Kecut

Menurutnya, Pemerintah dan OJK harus terus terlibat dan memberikan dukungan terhadap BSI, agar sistem perbankan dan layanan BSI bisa segera pulih.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini