5 Jenis Phobia Seks, dari Takut Berciuman Hingga Takut Penetrasi

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 07 Juni 2023, 23:10 WIB
5 Jenis Phobia Seks, dari Takut Berciuman Hingga Takut Penetrasi (FOTO: Freepik.com)

5 Jenis Phobia Seks, dari Takut Berciuman Hingga Takut Penetrasi (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM – Phobia seks bisa bermacam-macam. Ada yang takut berciuman, telanjang, sampai takut melakukan penetrasi.

Jika kamu mengalami salah satu dari beberapa gejala phobia seks ini, maka kamu bisa jadi mengalami erotophobia atau phobia seks.

“Erotophobia membuat penderitanya panik atau terus menerus merasa takut tanpa alasan yang jelas, setiap kali melakukan hubungan seksual. Bahkan memikirkan aktivitas seks saja, sudah membuat penderita phobia seks ini ketakutan,” jelas Dokter G. Maria Silvia, M.Sc, SpMK melalui chanel Youtube Dokter 24 yang dikutip Labviral.com.

Baca Juga: Mengenal Phobia Seks, Rasa Takut Berhubungan Intim yang Picu Masalah Serius Soal Ranjang

Ya, erotophobia merupakan sebutan untuk berbagai phobia yang berhubungan dengan seks. Memang, seks menjadi salah satu cara paling menyenangkan antara pasangan. Namun, tak sedikit orang di dunia ini mengalami ketakutan yang luar biasa soal berhubungan seks.

Phobia seks adalah masalah yang harus segera dicarikan solusinya. Karena jika tidak, kehidupan seksmu akan selalu terasa menakutkan. Untuk mengidentifikasinya, phobia seks dikategorikan dalam beberapa jenis, diantaranya.

  • Genophobia/Coitophobia: Rasa takut akan penetrasi. Dimana penderitanya masih bisa dapat menikmati seks saat roleplay seperti berpelukan atau berciuman, tapi takut melakukan penetrasi.
  • Paraphobia: Orang dengan phobia seks jenis paraphobia, akan menganggap hubungan seks adalah sebuah tindakan menyimpang dan menodai diri mereka sendiri.
  • Haphephobia atau Chiraptophobia: Rasa takut disentuh lawan jenis.
  • Gymnophobia: Takut tampil telanjang atau melihat orang lain telanjang.
  • Philematophobia: Takut berciuman. Kondisi ini sering dikaitkan dengan masalah fisik, misalnya takut dengan kuman atau bau mulut.

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?

Meski kondisi ketidaknyamanan ini akan terus menghinggapi pikiran dan perasaan, namun kelima jenis phobia seks di atas bisa diatasi. Untuk mengatasi phobia seks ini, kamu harus lebih dulu mengetahui penyebabnya, yang bisa saja kamu alami sebagai alasannya.

Diuraikan Dokter Silvia, alasan pemicu phobia seks bisa dipicu oleh beberapa keadaan, termasuk trauma akibat kekerasan seksual.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Mom

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?

Rabu 07 Juni 2023, 09:22 WIB
Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?
Berita Terkini