Mengenal Phobia Seks, Rasa Takut Berhubungan Intim yang Picu Masalah Serius Soal Ranjang

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 07 Juni 2023, 23:02 WIB
Mengenal Phobia Seks, Rasa Takut Berhubungan Intim yang Picu Masalah Serius Soal Ranjang (FOTO: Freepik.com)

Mengenal Phobia Seks, Rasa Takut Berhubungan Intim yang Picu Masalah Serius Soal Ranjang (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Seks menjadi salah satu cara paling menyenangkan. Malah tak sedikit yang menjadi kecanduan karena ini. Meski itu adalah perilaku buruk, kamu harus tahu bahwa tak sedikit orang di dunia ini mengalami ketakutan yang luar biasa soal berhubungan seks.

Ketakutan pada hubungan seks ini bukan hanya pada saat terjadi momen intim itu, tapi ketika membayangkannya saja pun, ketakutan itu sesegera mungkin memenuhi perasaan.

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?

Tentu, ini adalah masalah yang harus segera dicarikan solusinya. Karena jika tidak, kehidupan seksmu akan selalu terasa menakutkan.

Ini adalah phobia seks, atau disebut erotophobia. Dijelaskan Dokter G. Maria Silvia, M.Sc, SpMK melalui chanel Youtube Dokter 24 yang dikutip Labviral.com, erotophobia merupakan sebutan untuk berbagai phobia yang berhubungan dengan seks.

“Erotophobia membuat penderitanya panik atau terus menerus merasa takut tanpa alasan yang jelas, setiap kali melakukan hubungan seksual. Bahkan memikirkan aktivitas seks saja, sudah membuat penderita phobia seks ini ketakutan,” jelas Dokter Silvia.

Baca Juga: Amankah Berhubungan Seks saat Menstruasi, Ini Tinjauan Medisnya

Dijabarkannya, ada beberapa jenis phobia seks yang bisa disebabkan juga oleh beberapa faktor.

Mari kita lihat beberapa jenis phobia seks.

  • Genophobia/Coitophobia: Rasa takut akan penetrasi. Dimana penderitanya masih bisa dapat menikmati seks saat roleplay seperti berpelukan atau berciuman, tapi takut melakukan penetrasi.
  • Paraphobia: Orang dengan phobia seks jenis paraphobia, akan menganggap hubungan seks adalah sebuah tindakan menyimpang dan menodai diri mereka sendiri.
  • Haphephobia atau Chiraptophobia: Rasa takut disentuh lawan jenis.
  • Gymnophobia: Takut tampil telanjang atau melihat orang lain telanjang.
  • Philematophobia: Takut berciuman. Kondisi ini sering dikaitkan dengan masalah fisik, misalnya takut dengan kuman atau bau mulut.

Baca Juga: 6 Penyebab Post Seks Blues: Perasaan Sedih yang Dialami Pria atau Wanita Saat Bercinta, Termasuk karena Gak Capai Orgasme

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Mom

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?

Rabu 07 Juni 2023, 09:22 WIB
Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?
Berita Terkini