Profil Bima Sakti, Pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023

Sunardi
Minggu 25 Juni 2023, 18:23 WIB
Bima Sakti yang menjadi pelatih Timnas U-17. (Sumber : Instagram/bimasakti_tukiman)

Bima Sakti yang menjadi pelatih Timnas U-17. (Sumber : Instagram/bimasakti_tukiman)

LABVIRAL.COM - Nama Bima Sakti memang tak asing bagi pecinta sepak bola Tanah Air. Pria kelahiran Balikpapan, 23 Januari 1977, tersebut baru saja ditunjuk dan mendapatkan kesempatan menjadi pelatih Tim nasional (Timnas) Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Keterangan tersebut usai disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/6/2023). Menurut keterangan Erick, PSSI perlu memberikan kesempatan kepada pelatih muda.

Nama Bima Sakti pun ditunjuk untuk mengasuh para punggawa Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Acara yang digelar di Indonesia tersebut tentu sangat menarik dinantikan para pecinta si kulit bundar.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Erick Thohir: Syukur Alhamdulillah

Baca Juga: Daftar Lengkap Negara Juara Piala Dunia U-17

Profil Bima Sakti

Bima Sakti memiliki nama asli Bima Sakti Tukiman. Pria yang berusia 46 tahun tersebut sudah sejak kecil sangat dekat dengan sepak bola. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar tersebut menjadikan dirinya bisa bergabung ke dalam beberapa klub.

Sebelum menjadi seorang pelatih, nama Bima Sakti sangat sohor sebagai pemain sepak bola. Salah satu yang khas dan terkenal dari Bima Sakti adalah ia memiliki tendangan bebas yang keras dan terkenal akurat.

Karier profesionalnya dimulai sejak umur 16 tahun. Di usia tersebut Bima Sakti bergabung dengan klub Ossiana Sakti dan PKT Bontang Junior. Di usia tersebut, terdapat tim pencari bakat dari PSSI yang melihat kemampuan Bima Sakti.

Akhirnya Bima Sakti bersama Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandy, ia terpilih untuk mewakili Indonesia berlatih bersama Sampdoria Primavera pada tahun 1994. Masih di luar negeri, karier Bima Sakti pun berlanjut ke klub asal Swedia bernama Helsingborg IF selama lebih dari setahun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini