Terbanyak dalam Sejarah, Berikut Jadwal Lengkap MotoGP 2023

Dian Eko Prasetio
Selasa 14 Maret 2023, 18:09 WIB
Pebalap tim pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia berhasil keluar sebagai juara MotoGP 2022. (Sumber : MotoGP.com)

Pebalap tim pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia berhasil keluar sebagai juara MotoGP 2022. (Sumber : MotoGP.com)

LABVIRAL.COM - Ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP akan memasuki musim baru. Terdiri dari 21 seri, berikut jadwal lengkap MotoGP 2023.

Ini merupakan seri terbanyak dalam sejarah gelaran MotoGP. Selain itu, musim ini juga akan diterapkan dua balapan dalam satu seri, yaitu sprint race (Sabtu) dan main race (Minggu).

Untuk menentukan posisi start pada sprint race dan main race, masih akan menggunakan hasil dari sesi kualifikasi yang masih akan menggunakan format Kualifikasi 1 (Q1) dan Kualifikasi 2 (Q2).

Namun, sprint race hanya akan dilangsungkan untuk kelas MotoGP, sedangkan untuk kelas Moto2 atau Moto3 tidak akan dilangsungkan format sprint race, dan hanya melangsungkan balapan format main race. 

Baca Juga: Ini Dia Alasan Kenapa Motor Balap Lebih Cocok Pakai Pelek Palang

Di musim-musim sebelumnya, latihan bebas atau (FP) berlangsung hingga empat sesi. Namun, dengan adanya sprint race untuk kelas MotoGP, maka format balapan juga ikut berubah.

Format terbaru hanya memungkinkan tiga sesi latihan bebas, di mana selain itu juga dihapuskan sesi pemanasan (warm up) untuk kelas Moto3 dan Moto2, yang diganti MotoGP Fan Show.

Dengan format terbaru yang diterapkan MotoGP, mampukan Francesco Bagnaia dan Ducati mempertahankan gelar juara dunianya dari ancaman Yamaha dan Fabio Quartararo atau Marc Marquez bersama Honda-nya.

Baca Juga: Banyak Pecinta Balap Belum Tahu Soal Pit Box, Pit Lane dan Pit Crew

Berikut Format Anyar MotoGP 2023

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini