Manfaat Olahraga Panjat Tebing Bagi Kesehatan, Bisa Nambah Daya Tahan Tubuh Lho!

Aci
Senin 08 Mei 2023, 16:07 WIB
Piala Dunia Panjat Tebing 2023 (FOTO: LABVIRAL.COM/Fadil Ahmad)

Piala Dunia Panjat Tebing 2023 (FOTO: LABVIRAL.COM/Fadil Ahmad)

LABVIRAL.COM- Indonesia baru saja sukses menjadi tuan rumah piala dunia panjat tebing 2023, selain sukses menjadi tuan rumah Indonesia juga sukses memboyong emas dan juga kelas juara.

Olahraga extreme yang satu ini memang cukup banyak digemari, meskipun cukup extreme tetapi olahraga ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Sebelumnya, apakah kamu tahu apa itu olahraga panjat tebing?

Baca Juga: Piala Dunia Panjat Tebing 2023, Indonesia Lampui Target

Nah, berikut ini Labviral.com mau kasih tau apa itu olahraga panjat tebing dan manfaatnya bagi kesehatan. Yuk disimak!

Panjat tebing atau rock climbing merupakan olahraga yang dilakukan di alam bebas dan menjadi salah satu bagian dari mendaki dari bawah sampai titik atau puncak tebing.

Kegiatan panjat tebing terbilang sulit dilakukan dan tidak ditujukan untuk semua orang. Dibutuhkan fisik dan mental yang kuat dan juga pelatihan yang cukup serius.

Baca Juga: Desak Made Rita Kusuma Dewi, Srikandi Panjat Tebing Andalan Indonesia

Meskipun cukup serius, ternyata olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho!

Meningkatkan massa otot

Adapun manfaat yang pertama yaitu dapat  meningkatkan massa otot. Dengan olahraga ini, semua otot dalam tubuh akan bekerja secara keras dan maksimal, tentu jika dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin dapat menambah massa otot. 

Menambah daya tahan tubuh

Selanjutnya yaitu olahraga panjat tebing mampu menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan kinerja jantung. Panjat tebing membutuhkan daya tahan tubuh yang fit dan dengan sendirinya jika dilakukan secara efektif serta berkala.

Baca Juga: 10 Atlet Indonesia Akan Hadapi Babak Perdelapan Final Piala Dunia Panjat Tebing Jakarta 2023, Yenny Wahid Ajak Masyarakat Turut Mendoakan Para Atlet

Selain itu olahraga panjat tebing dapat membuat kinerja jantung bekerja lebih keras sehingga memompa darah ke seluruh bagian tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Mengurangi stres

Olahraga panjat tebing dapat memberikan efek penghilang stress, bahkan, panjat tebing bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespons stres. Alasannya, aktivitas fisik memicu tubuh untuk memproduksi neuromodulator norepinefrin, senyawa kimia membantu otak mengatasi stres dengan efisien.

Membakar kalori 

Panjat tebing tidak hanya memberikan latihan kekuatan yang efektif, tetapi juga merupakan bentuk latihan kardio yang hebat sehingga bisa membakar kalori berlebih.

Nah, itu dia manfaat dari olahraga panjat tebing, jadi apakah kamu tertarik untuk mencobanya?.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini