Punya Kulit Berminyak? Kamu Perlu Simak 4 Tips Memilih Bedak yang Tepat di bawah ini

Ananta
Rabu 15 Maret 2023, 10:08 WIB
Ilustrasi bedak dan kosmetik (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi bedak dan kosmetik (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Penyebab kulit berminyak dapat terjadi karena faktor genetik. Namun, tidak jarang juga wajah memproduksi minyak yang berlebihan saat seseorang sedang stress, kegerahan, dan mengalami fluktuasi hormon.

Apa pun penyebab kulit berminyak pada wajah, para dokter kulit setuju bahwa pemilihan makeup untuk kulit berminyak, termasuk bedak, tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kulit berminyak rentan mengalami jerawat jika menggunakan bedak dengan sifat-sifat tertentu.

Tips memilih bedak untuk kulit berminyak

Musuh utama wanita dengan kulit wajah berminyak adalah produksi minyak berlebih sehingga membuat wajah mereka berkilau. Selain itu, wanita dengan kulit berminyak harus menghindari makeup yang sekiranya dapat menyebabkan munculnya jerawat.Oleh karena itu, berikut LabViral.com sajikan sejumlah tips dalam memilih bedak untuk kulit berminyak yang harus Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Pilih bedak yang bebas minyak

Bedak yang bebas minyak biasanya bertuliskan ‘oil-free’ atau ‘non-comedogenic’ pada label kemasannya. Selain membuat wajah Anda tidak mengkilap, bedak seperti ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak akan mengakibatkan munculnya jerawat.

2. Pilih bedak yang bersifat matte

Pulasan bedak matte pada wajah akan menampilkan kesan bersih dan bebas dari minyak. Bedak untuk kulit berminyak ini pun mampu mengontrol produksi minyak berlebih untuk sementara waktu.Sebaliknya, jangan pilih bedak yang menjanjikan hasil akhir ‘berkilau’ atau ‘bercahaya’. Pasalnya, bedak dengan tulisan seperti itu pada labelnya bertujuan membuat kulit penggunanya menjadi terlihat lebih berminyak.

Baca Juga: 5 Perawatan Kecantikan Menjijikkan, Ada yang Pakai Sperma Sapi

3. Bedak tabur atau padat sama saja

Anda mungkin beranggapan bahwa bedak padat dapat menyumbat pori-pori, padahal bedak tabur juga bisa menyebabkan hal yang sama. Bahkan pada dasarnya, bedak padat dan bedak tabur sama saja, kecuali bedak pada tersebut memiliki fungsi ganda sebagai bedak sekaligus foundation. Meski demikian, bedak padat memang bisa menyebabkan hasil riasan yang terlalu tebal pada kulit berminyak.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memulas bedak padat denga menggunakan bulu halus, bukan spons.Apa pun bedak untuk kulit berminyak yang Anda pilih, pastikan Anda tidak mengaplikasikannya secara berlebihan. Selain tidak indah secara estetika, memulas bedak tebak-tebal akan memaksa pori-pori untuk mengeluarkan lebih banyak minyak ke permukaan wajah yang justru akan membuat wajah Anda semakin berkilau.Untuk menghasilkan efek makeup yang tahan lama, Anda dapat menggunakan primer sebelum menggunakan bedak atau foundation.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini