5 Efek Samping Pemutih Gigi bagi Kesehatan, dari Iritasi hingga Luka Tenggorokan

Sunardi
Rabu 15 Maret 2023, 13:44 WIB
Ilustrasi seorang perempuan yang mengalami sakit gigi. (Sumber : Freepik.com/user18526052)

Ilustrasi seorang perempuan yang mengalami sakit gigi. (Sumber : Freepik.com/user18526052)

LABVIRAL.COM - Kamu yang sering atau suka menggunakan pemutih gigi harus berhati-hati. Pasalnya, pemutih gigi memang ada efek sampingnya. Lalu, apa saja efek samping pemutih gigi ini?

Sebelum mengetahui efek sampingnya, perlu diketahui bahwa pemutih gigi dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, pemutih gigi yang biasa digunakan sehari-hari, seperti pasta gigi dan mouthwash.

Jenis pemutih gigi yang pertama ini memang tergolong aman dalam hal penggunaan. Kandungan bahan pemutih di dalam pasta gigi dan mouthwash memiliki kadar sangat rendah.

Kemudian, jenis kedua adalah pemutih gigi yang biasa digunakan oleh dokter gigi. Jenis pemutih ini memiliki kandungan pemutih yang lebih tinggi, sehingga memberikan hasil yang maksimal untuk pemutihan gigi.

Produk atau jenis pemutih kedua ini memiliki efek samping dan bisa memicu risiko kesehatan. Lalu apa saja efek samping dari pemutih gigi ini yang harus diwaspadai? Simak ulasannya berikut ini.

1. Gigi terasa ngilu

Ilustrasi, seorang wanita alami sakit gigi

Salah satu efek samping dari tindakan memutihkan gigi adalah gigi terasa ngilu. Rasa ngilu dari gigi ini biasanya terasa singkat, tapi tetap sangat menganggu.

Baca Juga: Karang Gigi Lepas Sendiri, Baik atau Berbahaya?

Baca Juga: Sakit Gigi di Malam Hari? Ini 5 Cara Mudah Mengobatinya di Rumah


2. Iritasi di lidah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini