Karang Gigi Lepas Sendiri, Baik atau Berbahaya?

Sunardi
Rabu 15 Maret 2023, 13:22 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang sedang melakukan scaling untuk membersihkan karang gigi. (Sumber : Freepik.com/ArtPhoto_studio)

Ilustrasi seorang wanita yang sedang melakukan scaling untuk membersihkan karang gigi. (Sumber : Freepik.com/ArtPhoto_studio)

LABVIRAL.COM - Memperhatikan kesehatan gigi memang penting. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah karang gigi. Karang gigi memang sudah seharusnya dibersihkan. Namun, ada kalanya karang gigi lepas sendiri. Lalu apakah hal itu baik atau berbahaya?

Kamu harus berhati-hati dengan karang gigi yang lepas sendiri. Sebab, hal tersebut dipercaya dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dibiarkan begitu saja.

Karang gigi sendiri merupakan penumpukan dari sisa makanan yang diawali dari plak gigi. Di dalam karang gigi ini terdapat bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

Oleh sebab itu, maka usahakan untuk lakukan scaling atau pembersihan gigi secara manual oleh dokter gigi. Hal ini tentu bertujuan supaya mencegah terjadinya penyakit yang ada pada rongga mulut.


Penyebab karang gigi bisa lepas sendiri

Ilustrasi, seorang wanita alami sakit gigi

Pada dasarnya karang gigi tidak bisa lepas dengan sendirinya. Biasanya karang gigi baru bisa lepas jika dilakukan pembersihan gigi atau scaling.

Baca Juga: Sakit Gigi di Malam Hari? Ini 5 Cara Mudah Mengobatinya di Rumah

Baca Juga: Ternyata Kebiasaan Ini Bikin Gigi Menguning

Namun, jika karang gigi bisa lepas sendiri maka perlu diwaspadai. Pasalnya, dikhawatirkan jika karang gigi bisa lepas sendiri menandakan ukurannya sudah besar dan pecah. Hal tersebut juga menjadi pertanda tidak baik untuk kesehatan gigi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini