Bahaya! Ini 5 Makanan yang Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 01:31 WIB
Ilustrasi Makan Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Ilustrasi Makan Makanan Cepat Saji (Fast Food)

LABVIRAL.COM - Mengonsumsi makanan tidak boleh sembarangan. Sebab, apa yang dimakan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Selain itu, makanan ternyata juga sangat berperan dalam kesehatan fisik dan mental.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk memperhatikan asupan makanan yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut, padahal itu demi kesehatan mentalnya sendiri.

Untuk membantu Anda dalam menjaga kesehatan mental, kali ini LABVIRAL.com coba rangkumkan beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat menyebabkan kerusakan pada kesehatan mental seperti dikutip laman odishatv:

Baca Juga: Mengenal Cacar Ular atau Cacar Api, Penyakit Lanjutan Cacar Air

1. Makanan Olahan

Segala sesuatu mulai dari gula, garam dan lemak tidak sehat bagi tubuh. Makanan olahan seperti gorengan hingga makanan cepat saji atau fast food memiliki kalori yang tinggi dan sangat buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

Jenis makanan ini dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan juga mempengaruhi kesehatan mental. Sebab, makanan ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Cacar Ular Bisa Menyebabkan Kematian?

2. Kafein

Mengonsumsi kafein dalam jumlah kecil sebenarnya baik untuk meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan rasa gugup, mudah marah dan cemas. 

Bukan cuma itu saja, kafein juga dapat menganggu siklus tidur dan kualitas tidur seseorang, karena kafein dapat membuat seseorang lebih berenergi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini