Jangan Frustrasi! Kenali Penyebab Stres dan Cara Penanganannya

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 01:16 WIB
Ilustrasi, seorang alami stres

Ilustrasi, seorang alami stres

LABVIRAL.COM - Stres adalah tekanan psikologis dan fisik, yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya seperti menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan kesedihan.

Stres bisa terjadi karena isi pikiran mengenai putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Faktor penyebab stres harus diketahui agar ditangani secepatnya. Apalagi, stres memang cukup sulit dihindari. Bila tidak segera ditangani, stres dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: Bunda Ayo Baca! Ini Gejala Kanker Darah pada Anak

Sebab, stres yang berkepanjangan mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh. Selain itu, stres dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan gangguan tidur.

Faktor penyebab stres setiap orang, tentunya berbeda-beda.  Berikut beberapa faktor penyebab stres yang perlu diketahui, seperti dikutip dari laman everyday health dan Healthline dan Every Day Health:

  • Faktor penyebab stres  karena gangguan kesehatan, seperti menderita suatu penyakit yang berat menahun, salah satunya kanker.
  • Faktor penyebab stres karena masalah keluarga, misal bertengkar dengan pasangan atau keluarga, tak kunjung hamil padahal sudah cukup lama menikah, akan menikah atau bercerai hingga khawatir tidak mampu merawat anak.
  • Faktor penyebab stres bisa karena pekerjaan, seperti beban di tempat kerja, hubungan yang tidak baik dengan atasan dan rekan kerja bahkan karena tidak memiliki pekerjaan.
  • Faktor penyebab stres karena masalah kehidupan sosial, seperti menjadi korban pelecehan hingga hadapi proses peradilan.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengobati Cacar Ular atau Cacar Api

Setelah mengetahui faktor penyebab stres, segera melakukan tindakan penanganan. Berikut beberapa cara penanganan stres yang bisa kamu lakukan di rumah

Konsumsi makanan sehat

Diet dapat memainkan peran penting dalam meredakan stres. Makanlah makan sehat dengan seimbang, dan hindarilah makanan yang dapat meningkatkan tekanan stres, misalnya kopi, teh hingga makanan tinggi gula.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini