Bunda Ayo Baca! Ini Gejala Kanker Darah pada Anak

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 01:11 WIB
Ilustrasi (Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi (Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Kanker tidak hanya mengancam nyawa orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak. 

Medical Executive dari PT Kalbe Farma Tbk, Hastarita Lawrenti mengatakan, leukimia atau kanker darah salah satu yang mengancam anak-anak.

“Leukimia banyak sekali dijumpai pada anak-anak. Leukimia bisa juga (berupa) tumor atau keganasan yang ditemui pada otak dan sumsum tulang, atau keganasannya pada sel-sel saraf yaitu neuroblastoma,” ujar Hastarita Lawrenti sebagaimana dikutip Labviral.com dari Istagram Live @ptkalbefarmatbk, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga: Cara Ampuh Mengobati Cacar Ular atau Cacar Api

Hastarita mengatakan, keberadaan kanker darah  pada anak sulit diketahui. Apalagi anak-anak belum tentu dapat mengekspresikan apa yang mereka rasakan.

Namun, ada beberapa gejala yang harus dikenali orang tua pada anak yang mengidap kanker. Gejala tersebut diantaranya:

  • Anak sering kali terlihat pucat
  • Ada lebam atau memar
  • Pendarahan
  • Sakit tulang seperti bengkak atau benjolan, tetapi tidak ada bekas jatuh dan infeksi.

Baca Juga: Yuk! Lebih Percaya Diri Lagu Seperti Lirik Lagu 'Girl In The Mirror' Milik Sophia Grace

“Kanker pada anak seperti mata kucing, ada manik putih di tengah area bola mata merupakan tanda kanker. Mata anak juling atau penglihatan anak kabur, juga harus diwaspadai sebagai tanda kanker di mata. Ada juga tanda saat komunikasi, misalnya anak melihat ke arah kiri ketika orang tua memberikan barang di arah kanan,” jelasnya.

“Lalu ketika perut membuncit, anak juga mengalami sakit kepala disertai dengan muntah. Harus diwaspadai juga ketika berat badan anak turun, demam, sering berkeringat di malam hari, benjolan di ketiak atau leher, namun tidak diketahui penyebabnya,” tambahnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini