6 Makanan Penurun Hipertensi Secara Alami, Mudah Didapat Kok!

Sunardi
Jumat 26 Mei 2023, 21:23 WIB
Ilustrasi sayuran hijau. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi sayuran hijau. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Salah satu menjaga kesehatan dan terhindar dari hipertensi adalah dengan menjaga makanan. Oleh karena itu, mengetahui deretan makanan penurun hipertensi secara alami sangat penting tuk diketahui.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang sering dihadapi banyak orang dewasa saat ini. Jika tidak dikelola dengan baik, hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan komplikasi kesehatan lainnya.

Meskipun obat-obatan adalah salah satu cara untuk mengendalikan tekanan darah, penggunaan pendekatan alami seperti perubahan pola makan juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah secara efektif. Salah satu yang perlu dikonsumsi adalah makanan alami.

Baca Juga: 4 Olahraga Ini Cocok Buat Penderita Hipertensi yang Ingin Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Baca Juga: Manfaat Olahraga Untuk Penderita Hipertensi Ternyata Sangat Baik, Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Berikut ini adalah deretan makanan penurun hipertensi secara alami. Apa saja? Yuk, simak!

1. Mentimun

Timun yang bagus untuk penderita hipertensi.Timun yang bagus untuk penderita hipertensi. (Freepik.com/jcomp)

Makanan alami yang bisa turunkan tekanan darah tinggi adalah mentimun. Di dalam mentimun banyak mengandung kalium. Zat ini merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang ditahan oleh ginjal. Dengan kata lain, kalium bertanggung jawab atas terkontrolnya tekanan darah seseorang.

2. Sayuran hijau

Ilustrasi sayur hijau yang bagus untuk penderita hipertensi.Ilustrasi sayur hijau yang bagus untuk penderita hipertensi. (Freepik.com/Racool_studio)

Selain mentimun, sayuran hijau juga penting dikonsumsi sebagai penurun hipertensi. Fungsi sayuran hijau ini adalah bisa memperbanyak zat kalium yang bagus untuk menyingkirkan natrium. Sayuran ini mulai dari bayam, lobak hijau, kubis, selada romaine, hingga bit hijau bisa dikonsumsi.

3. Buah beri

Buah berry kaya akan vitamin C yang dipercaya dapat mengatasi jerawatBuah berry kaya akan vitamin C yang dipercaya dapat mengatasi jerawat (Freepik/pvproductions)

Di dalam kandungan buah beri terdapa senyawa almi yang disebut flavonoid. Kandungan tersebut bisa membantu untuk mencegah hipertensi dan menurunkan tekanan darah.

4. Buah bit

Ilustrasi Jus Buah BitIlustrasi Jus Buah Bit. (freepik.com)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini