6 Tips Hilangkan dan Cegah Komedo Membandel

Sunardi
Kamis 01 Juni 2023, 18:18 WIB
Ilustrasi pengobatan komedo. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi pengobatan komedo. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Keberadaan komedo seringkali menganggu penampilan dan membuat kita tidak percaya diri di depan umum. Komedo yang merupakan bakal jerawat ini memang perlu dihilangkan. Berikut ini adalah tips hilangkan dan cegah komedo membandel.

Namun, sebelum mempelajari tips hilangkan dan cegah komedo membandel, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu komedo?

Dilansir dari halodoc.com, bahwa komedo bisa terjadi ketika folikel rambut pada kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak yang berkumpul menjadi satu. Selain itu, komedo sendiri juga bisa dipahami ketika kulit di mana pori-pori tersumbat oleh sebum, minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak di dalam kulit, serta sel kulit mati.

Keberadaan komedo biasanya muncul di area wajah, terutama di sekitar hidung, dahi, dan dagu. Namun, biasanya juga bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.

Baca Juga: Rajin Cuci Muka, tapi Masih Jerawatan dan Berkomedo? Ini Penyebabnya

Baca Juga: 3 Tips Mudah Atasi Komedo dengan 3 Bahan Rumahan Ini

Dalam jenisnya, ada komedo yang berbentuk bintik-bintik putih karena tertutup kulit. Ada juga jenis komedo yang berwarna hitam akibat kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.
Keberadaan komedo biasanya sering dialami oleh para remaja yang sedang dalam masa pubertas. Pasalnya, pada masa pubertas tubuh akan mengalami perubahan hormon dan peningkatan produksi kelenjar minyak.

Selain itu, adanya perubahan hormon yang terjadi pada masa menstruasi dan masa kehamilan juga dapat menyebabkan komedo.


Tips Hilangkan dan Cegah Komedo

Ilustrasi muka yang terserang komedo.Ilustrasi muka yang terserang komedo. (Freepik.com/jcomp)

Ada beberapa tips hilangkan dan cegah komedo membandel. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan. Selain bisa dilakukan dari rumah, ada juga cara menghilangkan komedo dengan bantuan dokter dermatologis.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini