7 Tanda Rabies pada Anjing yang Perlu Diwaspadai

Sunardi
Senin 19 Juni 2023, 20:23 WIB
Ilustrasi anjing yang sedang disuntik vaksin rabies. (Sumber : Freepik.com/serhii_bobyk)

Ilustrasi anjing yang sedang disuntik vaksin rabies. (Sumber : Freepik.com/serhii_bobyk)

LABVIRAL.COM - Rabies adalah penyakit virus yang menyerang sistem saraf pada hewan mamalia, termasuk anjing. Virus rabies menyebar melalui air liur hewan yang terinfeksi, terutama melalui gigitan. Rabies dapat menular ke manusia jika mereka terkena gigitan dari hewan yang terinfeksi.

Salah satu virus mematikan tersebut memang perlu kita ketahui supaya bisa terhindar. Rabies merupakan jenis virus mematikan yang menyebar ke manusia dari air liur hewan yang terinfeksi.

Beberapa orang menyebut rabies sebagai penyakit anjing gila. Rabies memang sangat mematikan apabila terlambat ditangani.

Salah satu jenis hewan yang berisiko terkena rabies adalah hewan peliharaan seperti anjing. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah penularan rabies dan memberikan vaksin rabies pada anjing peliharaan di rumah.

Baca Juga: Jenis-jenis Vaksin untuk Penderita Rabies, Lengkap dengan Cara Menggunakannya

Baca Juga: Arti Rabies, Kenali Gejala hingga Cara Mencegah Penularan ke Manusia

Lalu apa saja tanda-tanda rabies pada anjing yang perlu diwaspadai?

Tanda Rabies pada Anjing

Ilustrasi pemeriksaan terhadap air liur anjing.Ilustrasi pemeriksaan terhadap air liur anjing. (Freepik.com/aleksandarlittlewolf)

1. Tampak gelisah dan ketakutan

Salah satu tanda rabies pada anjing yang paling umum adalah adanya perubahan perilaku. Seperti gelisah dan ketakutan adalah tanda-tanda yang bisa dikenali.

2. Agresif

Tanda rabies pada anjing berikutnya adalah anjing bisa menjadi lebih agresif. Ketika terkena rabies, anjing akan menjadi lebih galak dan cenderung lebih buar ke orang maupun ke hewan lainnya.

3. Demam

Ilustrasi seseorang yang menjaga jarak dengan hewan peliharannya.Ilustrasi seseorang yang menjaga jarak dengan hewan peliharannya. (freepik.com)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini