Kenali 4 Fakta Dampak Gigi Berlubang

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 20:27 WIB
Ilustrasi, sakit gigi

Ilustrasi, sakit gigi

LABVIRAL.COM - Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dianggap remeh, salah satu penyebabnya karena gigi berlubang. 

Padahal, gigi berlubang yang berkepanjangan bisa menyebabkan gigi berdenyut hingga bau mulut, di mana hal itu akan mengganggu produktivitas.

Sebenarnya, gangguan pada gigi ini bukan hanya bisa dialami oleh anak-anak saja, siapapun bisa mengalaminya termasuk orang dewasa dan lanjut usia.

Baca Juga: Tidak Hanya Jarang Gosok Gigi, Ini Penyebab Bau Mulut

Jangan sepelekan masala gigi berlubang, banyak dokter gigi mengatakan jika kondisi tersebut tidak segera diatasi dapat menyebabkan berbagai komplikasi, diantaranya pembengkakan dan munculnya nanah di sekitar gigi, gangguan mengunyah, kehilangan gigi, infeksi pada area mulut hingga abses gigi.

Kamu atau orang disekitar kamu perlu tahu mengenai fakta-fakta dari gangguan gigi berlubang, setelah mengetahui komplikasi yang mungkin dialami, berikut empat fakta mengenai gigi berlubang, yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Merawat Gurah, Memupuk Tradisi Pesantren

1. Makanan asin jarang menyebabkan gigi berlubang

Sisa makanan dalam mulut merupakan salah satu penyebab gigi berlubang. Jenis sisa makanan yang bisa menyebabkan gigi berlubang, yakni makanan manis dan lengket.

"Makanan manis dan lengket memiliki pH dibawah netral, makanan pH di bawah netral bisa menurunkan pH dalam gigi," kata Dokter Shanty. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini