Tersedia di Apotek, Ini Obat Diare Anak yang Aman Bagi Anak

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 20:14 WIB
Ilustrasi - bayi mengalami diare

Ilustrasi - bayi mengalami diare

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita tahu, diare merupakan masalah pencernaan yang tak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Sama seperti orang dewasa, anak yang kena diare akan sering bolak-balik BAB dengan feses lembek atau cair.

Diare pada anak menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan sebagian orang tua. Sebab, anak yang mengalami diare akan lebih rewel dan mengeluh perut sakit, mual, muntah, demam hingga lemas.

Saat sudah terkena diare, tak boleh juga sembarangan memberikan obat apotek untuk anak. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Baca Juga: Punyamu Aktif Atau Tidak? Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS

Untuk itu, Labviral.com menghubungi seorang asisten apoteker Puskesmas Petukangan Selatan, Gresshia Ratih.Amd.Farm terkait obat apotek yang aman untuk dikonsumsi anak-anak. Berikut rekomendasinya:

Zinc

Obat diare pertama yang aman untuk dikonsumsi anak adalah zinc dan seng. Hal itu juga sudah direkomendasikan oleh Kementrian Kesehatan. Bahkan dalam Indian Journal of Pharmacology mengatakan bahwa suplemen ini bisa membantu meringankan gejala diare sekaligus membantu pemulihan.

Baca Juga: Ini Cara Hemat Uang Belanja Biar Cukup Sebulan, Yuk Simak Langkahnya

Menurut WHO dan UNICEF, dosis suplemen zinc yang perlu diberikan oelh orang tua kepada anak sebanyak 20 miligram selama 10 sampai 14 hari. Sedangkan untuk anak yang berusia kurang dari 6 bulan, orang tua bisa memberikan 10 miligram.  Zinc tersedia bentuk tablet hingga situp, dan dijual dengan harga Rp35.000.

Lacto-B

Untuk mengatasi diare, anak juga harus mengonsumsi suplemen prebiotik yang cukup. Lacto-B merupakan probiotik berbentuk bubuk yang berfungsi untuk membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik. Selain diare, Lacto-B juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit dan intoleransi laktosa. Harga jualnya pun juga terjangkau, yakni Rp6.000.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini