Punyamu Aktif Atau Tidak? Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS

Dian Eko Prasetio
Kamis 16 Maret 2023, 20:08 WIB
Cara Cek Kepesertaan BPJS (Sumber : BPJS Kesehatan)

Cara Cek Kepesertaan BPJS (Sumber : BPJS Kesehatan)

LABVIRAL.COM - Untuk mengetahui status aktif atau tidaknya jaminan sosial kesehatan seseorang pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menjadi perhatian khusus bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sebab, hal tersebut menjadi penting lantaran mengingat bagaimana sangat dibutuhkannya layanan BPJS, terutama di sektor kesehatan yang amat sangat membantu pesertanya ketika dibutuhkan.

Dengan mengecek status BPJS tersebut, Anda bisa mengetahui apakah Anda sudah membayarkan iuran BPJS kesehatan atau belum. Status Anda akan dinyatakan tidak aktif ketika belum membayarkan iuran BPJS.

Baca Juga: Ini Cara Hemat Uang Belanja Biar Cukup Sebulan, Yuk Simak

Mengingat pentingnya BPJS kesehatan, ada baiknya kamu secara berkala mengecek status kepesertaanmu. Apalagi jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya di waktu-waktu mendesak.

Nah, pertanyaan besarnya adalah, bagaimana sih cara mengecek status kepesertaan Anda sudah aktif atau belum?

Dalam kesempatan kali ini, Labviral.com akan memberikan langkah-langkah bagaimana mengecek status kepesertaanmu melalui bermacam cara. Yuk simak penjelasan di bawah ini?

Baca Juga: Bingung Mau Lapor Pajak Gimana? Berikut Cara Lapor SPT Online Untuk Para Pekerja

1. Via Call Center

langkah ini mungkin menjadi pilihan pertama kamu untuk bisa mengecek status kepesertaan BPJS. Biasanya, untuk bisa mengakses call center BPJS Kesehatan ini kalian tinggal menghubungi nomor 165.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini