Ini Cara Hemat Uang Belanja Biar Cukup Sebulan, Yuk Simak Langkahnya

Dian Eko Prasetio
Kamis 16 Maret 2023, 19:28 WIB
Illustrasi Penghematan (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Penghematan (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Mengetahui cara menghemat uang belanja supaya cukup untuk sebulan itu penting.

Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, ada tuntutan tersendiri, khususnya bagi para ibu-ibu untuk bisa mengatur pengeluaran supaya kebutuhan hidup utama terpenuhi, dan masih ada sisa uang untuk ditabung.

Kenyataannya, mengatur uang itu gampang-gampang susah. Jangan sampai happy di awal bulan (setelah gajian) tetapi baru dua minggu, sudah pusing karena uang bulanan sudah hampir habis.

Oleh sebab itu, diperlukan cara khusus seperti 'Belanja Pintar'. Maksudnya, belanja barang kebutuhan dengan cara paling efisien sehingga kita bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Trik belanja pintar ini sangat penting dilakukan. Sebab, jika kamu sudah bisa mengatur uang belanja dengan baik, tentunya kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Punyamu Aktif Atau Tidak? Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS

1. Periksa dan Catat Stock Bahan Makanan

Apa saja bahan utama yang menjadi kebutuhan pokok yang harus diisi ulang? Periksa ketersediaan stock kebutuhan pokok, seperti beras, gandum, telur, tahu, tempe, minyak goreng, mentega, dan lainnya yang dibutuhkan. Catat semuanya dengan ringkas dan rapi.

2. Periksa Ketersediaan Bumbu Dapur dan Bahan Tambahan

Memasak makanan sendiri bisa memotong pengeluaran konsumsi hingga 50 persen. Meski memakan waktu dan agak merepotkan bagian orang, tapi langkah ini membuat pengeluaran lebih irit ketimbang opsi makan di luar.

Selalu sediakan bumbu dapur kering, seperti garam, gula, beragam penyedap rasa, kecap, saus, dan sambal. Pastikan juga bumbu dapur basah, seperti beragam rempah-rempah (kunyit, kencur, jahe, lengkuas, dll) serta bawang daun, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay tersedia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini