Catat! 4 Faktor Penyebab Gigi Berlubang

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 20:31 WIB
Ilustrasi seseorang sedang sakit gigi. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi seseorang sedang sakit gigi. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Gigi berlubang menjadi salah satu masalah yang umum dirasakan seseorang di segala usia. Bukan hanya anak-anak, gigi berlubang dialami oleh siapa saja, termasuk orang dewasa dan lanjut usia.

Jangan sepelekan masalah gigi berlubang. Banyak dokter yang mengatakan bahwa kondisi gigi berlubang yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti pembengkakan dan munculnya nanah di sekitar gigi, gangguan mengunyah, kehilangan gigi, infeksi pada area mulut hingga abses pada gigi.

Baca Juga: Cuan Besar Modal Kecil, Yuk Coba Investasi Bitcoin

Seseorang juga perlu mengetahui, apa saja faktor penyebab dari gigi berlubang. Dokter Gigi, Shanty Wirdiawati, MARS, mengatakan bahwa sisa makanan dalam mulut merupakan salah satu penyebab gigi berlubang. Jenis makanan yang bisa menyebabkan gigi berlubang, yakni makanan manis dan lengket.

"Terdapat empat faktor yang menyebabkan gigi berlubang seperti inangnya (gigi), kuman, sisa makanan hingga waktu," ujar drg. Shanty di kanal YouTube HoedSehat.

Baca Juga: Kenali 4 Fakta Dampak Gigi Berlubang

Empat faktor penyebab gigi berlubang yang perlu diketahui: 

1. Gigi

Menurut Dokter Shanty, kondisi gigi dan gusi seseorang juga menjadi penyebab utama dari gigi berlubang. Seperti jarang menyikat atau membersihkan gigi.

Lalu, lokasi gigi yang paling belakang atau yang lebih dikenal dengan nama gigi bungsu, rentan berlubang karena paling banyak melakukan aktifitas mengunyah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

Kenali 4 Fakta Dampak Gigi Berlubang

Kamis 16 Maret 2023, 20:27 WIB
Kenali 4 Fakta Dampak Gigi Berlubang
Berita Terkini