Diet Mediterania Dipecaya Bisa Meningkatkan Kesuburan

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 23:20 WIB
Ilustrasi diet pada tubuh. (Sumber : Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Ilustrasi diet pada tubuh. (Sumber : Pixabay.com/PublicDomainPictures)

LABVIRAL.COM - Infertilitas atau masalah kesuburan secara umum dikaitkan dengan kondisi ketika pasangan suami istri belum bisa hamil walaupun sudah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa alat pengaman.

Ada banyak cara untuk mengatasi kesuburan pria dan wanita, yaitu dengan mengubah pola gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat dan diet ketat. Salah satu diet yang terkenal dan bahkan dinobatkan sebagai Diet Terbaik 2023, adalah diet mediterania. 

Dilansir Labviral.com dari laman Webmd, menurut tinjauan penelitian di Monash University, University of the Sunshine Coast, dan University of South Australia (UniSA), diet mediterania sangat baik untuk kesuburan.

Baca Juga: Galau Jerawat Tak Kunjung Sembuh? Yuk, Cobain Diet Rendah Glikemik!

Diet mediterania menawarkan makanan nabati yang sederhana, seperti biji-bijian, ikan, minyak zaitun extra virgin, sayuran, dan kacang-kacangan, serta membatasi mengonsumsi daging merah.

Studi mengatakan diet mediterania ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, hasil baru mengatakan bahwa sifat anti-inflamasi diet mediterania ini meningkatkan peluang konsepsi dengan meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

"Kepatuhan terhadap pola diet anti-inflamasi umumnya dikaitkan dengan peningkatan wanita (siklus menstruasi, tindakan terkait endometriosis, kualitas embrio dan hasil terkait kesuburan pria (kualitas sperma), yang diperkirakan terjadi melalui mediasi jalur anti-inflamasi," kata survei tersebut.

Baca Juga: Galau Jerawat Tak Kunjung Sembuh? Yuk, Cobain Diet Rendah Glikemik!

Evangeline Mantzioris, peneliti di UniSA, mengatakan kami ingin melihat bagaimana diet yang mengurangi peradangan seperti diet mediterania dapat meningkatkan hasil kesuburan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini