6 Tanda Kamu Butuh Cuti Kerja, Jangan Anggap Sepele

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 23:40 WIB
Ilustrasi seorang pria yang sedang stres dengan pekerjaannya. (Sumber : Pixabay.com/Steve DiMatteo)

Ilustrasi seorang pria yang sedang stres dengan pekerjaannya. (Sumber : Pixabay.com/Steve DiMatteo)

LABVIRAL.COM -  Bekerja dengan giat memang baik, tapi jangan sampai hal itu membuat kamu lupa untuk beristirahat dengan mengambil cuti kerja. Padahal menyisihkan waktu untuk beristirahat itu sangat penting lho, karena bisa membawa sejumlah manfaat bagi kesehatanmu.

Menurut sebuah studi yang dikutip  dari laman alodokter.com, menyebutkan bahwa orang yang rutin berlibur serta memiliki kehidupan kerja dan pribadi yang seimbang (work life balance) berisiko lebih kecil untuk terkena penyakit tertentu, misalnya serangan jantung atau stroke.

Wah kalau begitu penting ya untuk menyempatkan diri libur sejenak. Nah, kira-kira apa nih tanda-tandanya kalau kamu itu butuh cuti kerja? Berikut sejumlah tanda kamu butuh cuti kerja, sebagaimana yang dilansir Labviral.com dari laman alodokter.com.

Baca Juga: Ternyata, Ada Hubungan antara Stunting dan Pernikahan Dini

1. Motivasi kerja menurun

Sering merasa tidak ada semangat untuk menjalani pekerjaanmu? Atau pekerjaanmu menjadi terasa sangat monoton? Hal-hal ini bisa menjadi tanda utama kamu butuh cuti. Soalnya, salah satu penyebab menurunnya motivasi, terutama pada aktivitas yang biasanya dinikmati, adalah tingkat stres yang tinggi.

2. Menurunnya Konsentrasi

Turunnya konsentrasi juga akan membuat kamu susah fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Hal ini akan membuatmu membutuhkan waktu lama saat menyelesaikan tugas.

Kondisi ini bisa jadi pertanda bahwa kamu sudah masuk pada fase lelah baik fisik maupun mental. Ketika kamu merasakan hal ini, kamu harus segera mengambil cuti.

Baca Juga: Apakah Penyakit Kuning sama dengan Hepatitis?

3. Berubahnya kebiasaan makan

Rutinitas atau kebiasaan makan yang berubah juga bisa menjadi penanda kalau kalian sedang tertekan. Jadi kalau kamu menemukan situasi kebiasaan makanmu berubah baik itu makan lebih banyak atau sedikit daripada biasanya, nampaknya kamu harus segera mengambil cuti.

4. Kekurangan energi

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini