Studi: Minum Teh Hijau Baik untuk Kesehatan Jantung dan Hipertensi

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 23:48 WIB
Ilustrasi, teh hijau

Ilustrasi, teh hijau

LABVIRAL.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat terjadi karena pola gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, mengonsumsi makanan yang kurang bergizi serta pola diet yang salah. 

Bagian terparah dari gangguan hipertensi bisa berujung pada penyakit jantung. Tekanan darah dan kesehatan jantung dapat dengan mudah dikelola dengan jenis makanan dan minuman yang tepat termasuk dalam makanan sehari-hari kita. 

Sering kali, orang bertanya-tanya apakah kopi atau teh hijau lebih cocok untuk mengelola hipertensi dan meningkatkan kesehatan jantung? 

Baca Juga: Aturan Sehat Mengonsumsi Gula yang Benar Menurut Ahli

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terdapat sebuah studi baru-baru ini telah  menyimpulkan beberapa  pertanyaan ini.

Dilansir Labviral.com dari laman Food NDTV, studi ini dilakukan oleh JACC (Japan Collaborative Cohort Study for Evaluation of Cancer Risk) dan diterbitkan dalam Journal of American Heart Association (JAHA). Sekitar 18 ribu peserta mengambil bagian dalam penelitian yang dilakukan selama periode 12 tahun. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kebiasaan konsumsi kopi dan teh hijau peserta mempengaruhi tekanan darah dan kesehatan jantung mereka. Para peneliti mencatat bahwa kopi mengandung 95 hingga 200 mg kafein sementara teh hijau mengandung 35mg. 

Baca Juga: 7 Buah-buahan yang Aman untuk Penderita Diabetes

Dengan demikian, satu cangkir kopi memiliki kafein sekitar tiga kali lebih banyak daripada teh hijau. Studi ini menemukan bahwa teh hijau, telah terbukti lebih bermanfaat untuk hipertensi dan kesehatan jantung. Konsumsi kopi justru terbukti berbahaya bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini