Waspada! 5 Tanda Penuaan Gigi yang Mudah Dikenali

Sunardi
Jumat 21 Juli 2023, 21:11 WIB
Ilustrasi seseorang yang mengalami penuaan gigi. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi seseorang yang mengalami penuaan gigi. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Gigi merupakan salah satu organ tubuh kita yang cukup penting. Organ tersebut berfungsi untuk memproses makanan sebelum masuk ke dalam perut, yakni dengan mengunyahnya terlebih dahulu.

Manusia akan mulai memiliki gigi untuk pertama kalinya pada rentang usia 6 sampai 10 bulan. Setelah itu, gigi menjadi bagian dari manusia. Namun demikian, tak selamanya kondisi gigi akan baik-baik saja.

Kesehatan gigi bisa dipengaruhi oleh proses penuaan yang dialami manusia. Penuaan tersebut dilalui melalui proses pematangan dan perubahan kondisi gigi. Untuk mengetahui terjadinya penuaan pada gigi, terdapat beberapa tanda yang bisa dikenali:

1. Perubahan Warna

Gigi yang menua biasanya akan mengalami perubahan warna kuning. Hal ini terjadi lantaran terjadi pengikisan pada lapisan email, sehingga lapisan dasar gigi yang lebih gelap, yaitu dentin, akan terlihat.

Baca Juga: Cabut Gigi Geraham: Risiko, Kisaran Biaya, hingga Proses dan Perawatannya

Baca Juga: Apa Itu Rabies? Penyebab Bocah 5 Tahun Meninggal Akibat Gigitan Anjing di Bali

2. Retraksi Gusi

Gusi bakal mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Proses ini akan membuka bagian akar gigi yang seharusnya tertutup. Dampak dari penurunan tersebut membuat gigi menjadi lebih rentan saat terkena rangsangan panas, dingin, atau bahan makanan manis. Jika dibiarkan, radang gusi bisa terjadi.

3. Lapisan Enamel Gigi Terkikis

Pelindung terluar gigi atau disebut juga lapisan enamel dapat mengalami pengikisan. Pengikisan itu merupakan salah satu tanda penuaan gigi dan dapat menyebabkan gigi berisiko mengalami kerusakan, seperti berlubang.

4. Gigi Rapuh

Kerapuhan pada gigi merupakan tanda penuaan gigi yang bisa dikenali. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan tidak sehat. Kekurangan mineral juga dapat memperlemah kekuatan gigi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini