Jangan Ditiru, Ini Bahaya Minum Boraks yang Lagi Tren di TikTok

Sunardi
Rabu 26 Juli 2023, 20:41 WIB
Ilustrasi boraks. (Sumber : Freepik.com/azerbaijan_stockers)

Ilustrasi boraks. (Sumber : Freepik.com/azerbaijan_stockers)

LABVIRAL.COM - Salah satu tren aneh yang ada di TikTok yakni minum boraks. Padahal, boraks sendiri bukanlah minuman dan tidak untuk dikonsumsi. Namun, adanya fenomena itu tentu menimbulkan bahaya minum boraks yang lagi tren di TikTok.

Boraks sendiri merupakan zat kimia yang berbentuk seperti tepung. Keberadaan boraks digunakan sebagai produk pembersih. Mulai dari pakaian dan semacamnya. Zat boraks ini memang hanya bisa digunakan untuk produk pembersih.

Lalu, dengan adanya tren minum boraks di TikTok itu tentu menjadikan bahaya tersendiri. Menurut laporan New York Post, tren minum boraks ini sudah ada sejak tahun 2018.

Pada tahun tersebut di Amerika Serikat sedang terdapat tren minum boraks dan ramai di media sosial. Namun, tren tersebut kembali menyita perhatian akhir-akhir ini.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Bahaya Kesepian untuk Kesehatan

Baca Juga: 5 Bahaya Istidraj bagi Manusia, Kenikmatan Dunia yang Menjebak

"Selama bertahun-tahun, orang telah menggunakan boraks sebagai aditif binatu, pestisida, pembersih rumah tangga, herbisida, dan saluran air yang tersumbat. Itu juga dapat ditemukan di beberapa cat, produk jerawat dan produk perawatan mulut khusus," tulis New York Post, Kamis (20/7/2023).

Bahaya Minum Boraks

Masih merujuk pada laporan yang sama, bahwa meminum boraks bisa menimbulkan beberapa gejala. Mulai dari mual, muntah, diare, kemerahan pada kulit, ruam, eksitasi, kejang, depresi dan kolaps pembuluh darah.

Selain itu, bahaya boraks lainnya yakni bisa menyebabkan keracunan. Sakit kepala, hipotermia, gelisah, kelelahan, cedera ginjal, dermatitis, alopesia, anoreksia, dan gangguan pencernaan akan ditemukan pada pengonsumsi boraks.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini