Awas! Sekitar 67 Bakteri Bisa Bersarang di Pusar Kalau Tidak Dibersihkan

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 20:53 WIB
Ilustrasi, pusar bersih bebas bakteri

Ilustrasi, pusar bersih bebas bakteri

LABVIRAL.COM - Pernahkah kamu berpikir bahwa bagian pusar terdapat banyak bakteri? Iya, jika kamu tidak sering membersihkannya bakteri akan menumpuk dan menimbulkan bauk tak sedap hingga infeksi.

Labviral.com melansir dari laman best life online, menurut sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, pusar kemungkinan besar penuh dengan bakteri. 

Para peneliti di balik penelitian ini meminta 66 pria dan wanita untuk menyeka pusar mereka dengan cottun bud, dan menemukan bahwa rata-rata pusar mengandung 67 spesies bakteri yang berbeda. Selain itu, yang lebih mengejutkan lagi tim menemukan total 2.368 spesies bakteri bisa bersarang di pusar, iyuh banget!

Baca Juga: 4 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Pancaroba

"Kami mendapatkan lebih banyak spesies bakteri dari yang kami harapkan," kata Rob Dunn , PhD, penulis utama studi dan seorang profesor biologi di North Carolina State University di Raleigh.

Penelitian tersebut juga menemukan jenis bakteri tertentu di antara peserta. Bahkan, delapan dari jenis bakteri yang paling umum diidentifikasi pada 70 persen dari semua kelompok. Ini termasuk Staphylococci, Micrococcus, Bacillus, dan banyak lagi.

Tidak seperti kebanyakan permukaan kulit lain di tubuh, bagian dalam pusar bisa saja terlewat dan terselip, sehingga tidak terlalu terpapar udara, air dan sabun. Pusar juga terdapat keringat, kotoran, kulit matiyang menjadikannya lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Baca Juga: Termasuk Rukun Iman, Inilah 10 Nama Malaikat Beserta Tugas-tugasnya

Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, pusar juga sering diabaikan saat mandi dan berendam. Meskipun beberapa ahli merekomendasikan untuk melakukan pembersihan pusar sekali seminggu, namun hanya sedikit orang yang mengikuti anjuran tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini