4 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Pancaroba

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 20:49 WIB
Ilustrasi, pancaroba memudahkan nyamuk berkembang biak

Ilustrasi, pancaroba memudahkan nyamuk berkembang biak

LABVIRAL.COM - Perubahan cuaca yang terjadi selama musim pancaroba dapat mengakibatkan udara menjadi lebih kering, dingin dan jauh lebih lembab. Kondisi seperti ini memudahkan beberapa jenis hewan seperti nyamuk, untuk berkembang biak.

Selain itu, musim peralihan ini juga semakin memudahkan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Belum lagi udara yang dingin bisa membuat sistem imun melemah, sehingga tidak heran jika pada musim tersebut tubuh rentan terkena penyakit infeksi.

Lalu, apa saja sih jenis penyakit yang biasa muncul pada musim pancaroba ? Berikut Labviral.com infokan jenis-jenis penyakit yang seringkali muncul di musim pancaroba, dikutip dari alodokter.com.

Baca Juga: Studi: Manfaat Kacang Kenari, Bikin Panjang Umur

1. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)

Penyakit ISPA seperti batuk, pilek, influenza dan bronchitis cukup banyak muncul di saat musim pancaroba. Penyakit ISPA ini lebih banyak disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui percikan air liur saat orang yang sedang sakit batuk atau bersin.

ISPA lebih sering dialami oleh balita ketimbang orang dewasa. Hal ini dikarenakan sistem imun balita masih belum terbentuk dengan baik sehingga belum bisa merespon dan melawan setiap virus atau bakteri dengan baik.

Baca Juga: Ini Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Melakukan Investasi Jangka Panjang

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Pada musim pancaroba, nyamuk cenderung mudah untuk berkembang biak, sehingga membuat kasus DBD mengalami peningkatan yang pesat di musim ini.

Gejalanya sendiri meliputi demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri otot dan sendi, lemas, mual, muntah, ruam kulit serta mimisan. Dan yang perlu untuk diwaspadai adalah terjadinya pendarahan berat yang berakibat syok hingga kematian.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini