Kadang Bikin Emosi, Ternyata Ini Penyebab Sulit BAB

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 20:41 WIB
Ilustrasi seorang wanita bangun tidur mengalami sakit perut. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seorang wanita bangun tidur mengalami sakit perut. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Terkadang susah buang air besar bikin kamu emosi sebab menganggu keseharian kamu. Selain sakit perut ternyata susah BAB juga bikin perut kamu kembung loh.

Meskipun begitu, rutinitas BAB setiap orang memang berbeda-beda, jadi tidak ada patokan mengenai berapa kali normalnya buang BAB, kadang ada orang yang Buang air besarnya sehari tiga kali, kadang juga ada yang Seminggu tiga kali.

Tapi kalian tahu tidak sih apa penyebab kamu susah sekali BAB? nah kali ini Labviral.com bakal berikan beberapa list penyebab kamu susah Buang Air Besar, penasaran? kuy cek aja langsung di bawah ini.

Baca Juga: Catat, Tanda dan Gejala Malaria, Jangan Sampai Semakin Parah

1. Kurangnya makanan berserat

Terkadang dalam hidup ini kita itu perlu memakan-makanan yang berserat contohnya sayur, sebab makanan berserat merupakan gizi yang dibutuhkan untuk melembutkan feses kamu sekaligus mempelancar penetrasi usus. Sehingga BAB kamu lebih lancar.

2. Terlalu banyak makan cokelat

Siapa sih disini yang tidak menyukai cokelat? tentunya tidak ada bukan, tapi menurut lansiran dari laman halosehat ternyata cokelat juga menjadi pemicu mengapa kamu susah BAB, sebab kandungan kafein pada cokelat punya efek diuretik yang membuat sesorang lebih sering buang air kecil.

Baca Juga: Tak Melulu Obat Kimia, 4 Obat Alami atau Tanaman Herbal Ini Bisa Atasi Campak

Nah ketika kamu selalu buang air kecil maka kadar air yang ada di dalam tubuh kamu itu berkurang sehingga feses menjadi lebih padat dan mengering. Apalagi kandungan utama cokelat lebih banyak gulanya yang mampu mempengaruhi pergerakan usus.

3. Konsumsi daging merah berlebihan

Kandungan lemak yang terkandung di dalamnya tersebut ternyata membuat daging merah sulit banget dicerna. Ditambah dengan kandungan zat besinya yang tinggi dan serat protein yang keras menyebabkan feses kamu menjadi keras.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini