Tak Melulu Obat Kimia, 4 Obat Alami atau Tanaman Herbal Ini Bisa Atasi Campak

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 20:33 WIB
Ilustrasi anak terinfeksi campak atau rubella

Ilustrasi anak terinfeksi campak atau rubella

LABVIRAL.COM - Campak dapat terjadi pada siapa aja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penanganan campak pun cukup mudah, sebenarnya. Bahkan kini, sudah banyak obat untuk meringankan gejala campak. Namun, sebagian orang ragu untuk mengonsumsi obat-obatan kimia yang dijual.

Maka dari itu, ada beberapa pengobatan campak herbal atau tradisional yang bisa dicoba. Asisten Apoteker, Gresshia Ratih Amd. Farm, memberikan rekomendasi obat alami atau tanaman herbal untuk mengatasi gejala campak. Simak, ya!

Baca Juga: Lakukan Strategi Ini Jika Ingin Raup Cuan dari Investasi Jangka Panjang

Bawang Putih

Bawang putih ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai penyebab dan bumbu dapur saja, namun juga bisa menjadi obat alami. Bahan ini memiliki kandungan antiinflamasi yang membantu mencegah peradangan pada kulit dan juga mampu melawan bakteri. Cara mengolahnya, kamu perlu mencampurkan bawang putih kedalam makanan sehari-hari atau menjadikannya obat alami dengan cara dihancurkan dan dicampur madu 1 sendok teh.

Baca Juga: Pasti Akan Datang, Ini 10 Tanda Kiamat Kubra Menurut Hadis

Kunyit

Diketahui, kunyit mempunyai banyak khasiat dengan kandungan antioksidan dan antiradang yang tinggi. Hal itu dipercaya oleh dokter sekalipun, dapat mengurangi ruam merah di kulit akibat campak. Cara mengolahnya, cuci bersih kunyit secukupnya. Setelah itu parut, beri sedikit air dan peras. Rebus air rebusan kunyit hingga matang, tuang ke gelas dan tambahkan sedikit madu sebagai pemanis alami.

Baca Juga: Untung Terus, Ikuti Tips Mudah Investasi Jangka Panjang Berikut Ini

Air Kelapa

Tak jarang, kita mendengar orang tua berkata “minum air kelapa bisa sembuhin campak”. Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp. A dalam tayangan YouTube Short Klikdokter mengatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan banyak elektrolit, gula alami, vitamin dan nutrisi yang cukup.

Jadi dapat dikatakan air kepala baik untuk penderita campak, apalagi saat demam yang membutuhkan banyak cairan. Namun perlu di garis bawahi, air kelapa bukannya obat penyembuhan melainkan hanya mempercepat proses pemulihan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini