Wajib Diimani, Begini Gambaran Hari Kiamat Menurut Al-Qur'an

Hadi Mulyono
Jumat 17 Maret 2023, 20:09 WIB
Ilustrasi hari kiamat. (Sumber : pixabay.com/Thomas Breher)

Ilustrasi hari kiamat. (Sumber : pixabay.com/Thomas Breher)

LABVIRAL.COM - Datangnya hari kiamat yang memusnahkan manusia dan alam semesta merupakan salah satu rukun iman yang harus diyakini setiap muslim.

Hari berakhirnya kehidupan di dunia tersebut menjadi pertanda bahwa manusia akan melanjutkan perjalanan yang kekal abadi di alam akhirat.

Kita umat muslim tidak boleh mengingkari datangnya hari akhir sebagaimana ditegaskan Allah Swt dalam Al-Qur’an Surah Al-Hajj ayat 7.

Baca Juga: Melindungi dari Fitnah Dajjal, Ini 5 Pahala Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

"Dan sungguh (hari) kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al-Hajj ayat 7).

Laantas apa yang akan terjadi pada alam semesta dan manusia pada hari kiamat tiba? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Bisa jadi Solusi, Yuk Manfaatkan Car Free Day untuk Bangun Bisnis Lewat Tips Ini

Kondisi alam semesta saat hari kiamat

Hari kiamat dibagi menjadi dua jenis yakni kiamat sugra dan kiamat kubra. Jika kiamat sugra artinya kiamat kecil misalnya seperti seseorang yang meninggal dunia dan bencana alam, kiamat kubra adalah kiamat besar saat alam semesta hancur.

Dijabarkan dalam Al-Qur’an, kiamat kubra akan dimulai ketika Malaikat Israfil meniupkan sangkakala untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Tips Membedakan Helm Ori dengan Helm KW, Jangan Salah Beli Ya!

Saat itu seluruh manusia akan kebingungan karena alam semesta hancur lebur dengan keadaan yang sangat mengerikan.

“Apabila langit terbelah (1), dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya patuh (2), dan apabila bumi diratakan (3), dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong (4), dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya patuh (5).” (QS. Al-Insyiqaq ayat 1-5)

Dalam ayat lain, Allah SWT mempertegas betapa mengerikannya kiamat kubra karena hancurnya bumi dan langit tidak pernah dialami manusia sebelumnya.

Baca Juga: 8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Membeli Motor Bekas!

“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat) (1), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya (2), dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?” (3), pada hari itu bumi menceritakan beritanya (4), karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya (5).” (QS. Al-Zalzalah ayat 1-5)

Keadaan manusia di hari kiamat

Surah Al-Zalzalah ayat 6-8 menjelaskan tentag keadaan manusia ketika hari kiamat tiba.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Ini Macam-macam Keuntungan Investasi Saham

Semua manusia yang telah meninggal akan dibangkitkan kembali dari kuburnya untuk melihat balasan atas segala amal yang dikerjakan semasa hidup di dunia.

"Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka (6), Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (7) Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (8). (QS. Al-Zalzalah ayat 6-8).

Kehancuran yang dialami seluruh umat manusia pada hari kiamat juga dijelaskan dalam Surah Al-Hajj ayat 1-2 yang artinya:

Baca Juga: Tips Ampuh Bikin Shockbreaker Motor Lebih Awet!

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar (1). (Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (goncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras (2)." (QS. Al-Hajj ayat 1-2).

Itu dia gambaran betapa dahsyatnya hari kiamat yang wajib kita imani sebagai umat Islam. Wallahu a’lam.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini