Biar Gak Kena Tipes, Kenali Faktor-faktor Penyebabnya

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 21:44 WIB
Ilustrasi, seorang alami tipes

Ilustrasi, seorang alami tipes

LABVIRAL.COM - Penyakit Demam Tifoid atau Tipes merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri, yang bisa dikarenakan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. 

Tipes merupakan salah satu penyakit yang cukup serius, penangan penyakit tipes juga harus dilakukan dengan serius karena bisa menyebabkan seseorang meregang nyawa.

Untuk penularan atau penyebab seseorang terkena penyakit tipes disebabkan beberapa faktor lho! Nah, berikut ini LABVIRAL.com kasih tau beberapa faktor penyebab penyakit tipes yang sebaiknya kamu ketahui. Yuk disimak!

Baca Juga: Ditujukan Kepada Gigi Hadid, Berikut Lirik Lagu Vibez dari Zayn Malik

Faktor lingkungan

Faktor lingkungan menjadi yang utama, dimana seseorang yang berada di lingkungan kumuh, atau lingkungan yang tidak sehat makan akan mudah terkena penyakit tipes.

Pemukiman yang padat dan tidak bersih akan mudah membuat bakteri Salmonella Typhi tumbuh dan menyebar terlebih jika dilingkungan tersebut menggunakan barang atau tempat secara bersamaan, contohnya wc umum.

Baca Juga: Auto Langsing, Ini 5 Teh Herbal yang Dapat Membantu Bakar Lemak di Perut

Tidak mencuci tangan

Bakteri Salmonella Typhi, dapat bertahan di tempat umum yang kamu gunakan bersama-sama, seperti toilet umum jangan sampai kamu setelah dari toilet umum lupa cuci tangan dan langsung makan.

Bakteri Salmonella typhi penyebab tipes dapat bertahan pada tinja dan urine orang yang terinfeksi. Jika kamu menggunakan toilet yang sama dengan orang terinfeksi dan tidak mencuci tangan setelahnya atau sebelum makan, ada risiko bakteri dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan demam tifoid.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini