Musim Hujan Rentan Perut Kembung, Coba Lakukan Tips Ini

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 22:08 WIB
Ilustrasi Perut Kembung

Ilustrasi Perut Kembung

LABVIRAL.COM - Kembung adalah kondisi perut terasa kencang dan penuh serta terlihat membesar. Kondisi ini terjadi karena terdapat gas di dalam perut yang terlalu banyak sehingga menimbulkan rasa kram dan tidak nyaman.

Selain itu kembung juga diakibatkan beberapa faktor, yaitu mengonsumi makananan yang terlalu berlebihan, minum minuman berkarbonasi serta gaya hidup yang dijalani seseorang serta faktor cuaca, seperti musim hujan

Dilansir Labviral.com dari laman Indianexpress, Ahli gizi Nmami Agarwal mengatakan saat musim hujan, banyak orang merasa dehidrasi dan kembung dan membuat tidak nyaman. 

Baca Juga: Obesitas Dapat Menurunkan Produksi ASI pada Ibu Menyusui

"Saat musim hujan, ada beberapa kegiatan yang berubah seperti, perubahan dalam pola makan, olahraga dan pola tidur yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan kita tanpa disadari, seperti kembung dan sembelit," katanya.

"Kembung juga disebabkan banyak faktor. Bisa jadi karena kurang minum air putih, atau terlalu banyak minum minuman berkafein seperti teh dan kopi. Bisa karena kurang aktivitas fisik, atau karena malas dan tidur seharian," timpalnya.

Dia melanjutkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kembung, seperti minum air mineral yang cukup agar tetap terhidrasi, pastikan tetap aktif secara fisik, jangan tidur berlebihan serta mengonsumsi makanan kaya serat.

Baca Juga: Sering Tertukar, Apa Sih Perbedaan Penyakit Tipes dan Tifus?

Sementara, dilansir dari laman mompresso, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kembung di musim hujan, yaitu :

1. Perhatikan Jam Makan Malam

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini